SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

ASN Lingga Tersandung Korupsi Mulai Didata

  • Reporter:
  • Kamis, 20 September 2018 | 12:15
  • Dibaca : 74 kali
ASN Lingga Tersandung Korupsi Mulai Didata
ilustrasi

LINGGA – Pemkab Lingga tengah mendata apartur sipil negara (ASN) yang pernah tersandung kasus korupsi. Kementerian Dalam Negeri (Mendagri) menegaskan untuk memecat mereka.

“Kami lagi mendata sambil menunggu rapat koordinasi dengan pemerintah provinsi,” kata Sekretaris Daerah Lingga Juramadi Esram, Rabu (19/9/2018).

Badan Kepegawaian Negara (BKN) mencatat, PNS yang terlibat tindak pidana korupsi dengan putusan pengadilan berkekuatan tetap (inkracht) sebanyak 2.674 orang. Mereka yang diberhentikan secara tidak hormat berjumlah 317 orang, yang masih aktif 2.357 orang. “Jumlah pasti di Lingga kami belum tahu,” kata Juramadi.

Pemecatan PNS yang pernah terlibat korupsi dilakukan hingga 2 Desember 2018. Jika dalam batas waktu itu, pemecatan tidak dilaksanakan, PPK dan Sekda akan diberi sanksi.

“Nanti kami akan rapatkan dulu dengan BKD dan Inspektorat. Prinsipnya, kami akan menyesuaikan dengan aturan berlaku. Kami juga menunggu tindak lanjut rapat dengan provinsi,” ujarnya.

Pemerintah memberikan tenggat waktu hingga akhir tahun agar memecat ribuan PNS atau aparatur sipil negara (ASN) yang terbukti korupsi dan putusannya inkracht.
Pemberhentian tidak hormat atas ribuan PNS itu termasuk dalam surat keputusan bersama Mendagri Tjahjo Kumolo, MenPAN-RB Syafruddin, serta Kepala BKN Bima Haria Wibisana.

jamariken tambunan

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com