SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Asperikat Diharapkan Dongkrak Ekonomi Batam

  • Reporter:
  • Kamis, 8 Maret 2018 | 15:04
  • Dibaca : 389 kali
Asperikat Diharapkan Dongkrak Ekonomi Batam
Asosiasi Pengusaha Perikanan Air Tawar (Asperikat) Batam resmi berdiri, Rabu (7/3/2018).

SEKUPANG – Asosiasi Pengusaha Perikanan Air Tawar (Asperikat) Batam resmi berdiri, Rabu (7/3/2018). Organisasi yang berkantor di Ruko Golden Wealth, Tiban ini diharapkan mampu mendongkrak ekonomi Batam.

Danlanal Batam Kolonel Laut (E) Iwan Setiawan mengatakan, selain bidang industri, Batam juga berpotensi di bidang kemaritiman. Salah satunya bidang budidaya ikan air tawar yang permintaan pasar selalu meningkat. “Kami mendukung penuh Aperikat Batam. Minat masyarakat tentang ikan khususnya ikan lele terus meningkat,” ucapnya, Rabu (7/3/2018).

Banyaknya permintaan pasar menjadi perhatian besar asosiasi ini, terutama terkait harga. Hal ini akan mengurangi persaingan harga dan membuat pengusaha dan peternak sejalan. “Kami dukung penuh. Aksi pembinaan potensi maritim ini juga menjadi tugas pokok Angkatan Laut (AL),” ucapnya.

Wujud dukungan TNI AL, kata Iwan, ialah kerja sama dengan pemerintah. TNI AL juga akan mengawasi maraknya penyelundupan ikan yang datang dari mana saja, khususnya ikan air tawar seperti lele. “Wadah ini juga diharapkan bisa dimanfaatkan anggota Asperikat untuk mempelajari bagaimana budidaya ikan, pakan, jual, dan lainnya,” ujarnya.

Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad mengatakan, salah satu fungsi Asperikat ialah menekan inflasi harga lele di Batam. Beberapa waktu lalu, peternak lokal ikan lele digempur dengan masuknya lele dari Malaysia. Lele impor itu dijual dengan harga jauh lebih murah. “Bagaimana peternak lele lokal mau maju. Lele dari Malaysia jauh lebih murah harganya,” katanya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com