SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

ATB Bangun Budaya Hemat Air lewat Program Edukasi

  • Reporter:
  • Selasa, 3 Desember 2019 | 14:33
  • Dibaca : 40 kali
ATB Bangun Budaya Hemat Air lewat Program Edukasi
Program wisata edukasi dari sejumlah sekolah di Batam berkunjung ke IPA Mukakuning, beberapa waktu lalu. f dok atb

SEIBEDUK – PT Adhya Tirta Batam (ATB) berperan besar menanamkan nilai-nilai edukasi pada generasi muda. Secara aktif ATB gencar memberikan program-program edukasi mulai dari siswa sekolah hingga masyarakat umum.

“ATB memiliki program-program edukasi mengajak masyarakat menjaga lingkungan dan menghemat penggunaan air bersih. Langkah sederhana ini harus tertanam pada setiap insan masyarakat Batam dan harus dikembangkan jadi sebuah budaya,” kata Head of Corporate Secretary ATB, Maria Jacobus, Sabtu (30/11).

Secara berkelanjutan ATB rutin menggelar kegiatan-kegiatan edukasi melibatkan masyarakat. Setiap program edukasi masyarakat atau pelajar diajak berkunjung ke Instalasi Pengolahan Air (IPA) yang dikelola ATB.

“Ada beragam program ATB di bidang edukasi yang diberikan langsung ke masyarakat, mulai contact forum atau wisata edukasi, School campaign hingga school visit ke IPA. Semua kita siapkan dengan menarik,” ajak Maria.

Setiap jenis program edukasi dikemas dengan menarik. Hal ini bertujuan, edukasi mudah dipahami oleh siswa maupun pelanggan. ATB jadi pusat studi kunjungan favorit bagi sekolah-sekolah di Batam, bahkan sekolah atau warga yang telah berkunjung memberikan apresiasi atas layanan edukasi dari ATB.

“Kami ingin memperkenalkan ke anak-anak proses pengolahan air bersih milik ATB. Mereka bisa memahami air bisa dinikmati di rumah. Kegiatan edukasi ini sangat bermanfaat, terutama anak didik kami,” kata Kepala Sekolah SLB Putera Kami Batam, Hefrina saat berkunjung ke IPA Mukakuning.

Manfaat lain dirasakan oleh warga Batuaji, melalui contact forum sejumlah warga mendapatkan informasi baru seputar pengolahn air, tak sedikit dari mereka memberikan apresiasi. Mereka berharap kegiatan edukai ini bisa digelar berkelanjutan.

“Tentunya kami cukup senang dengan berkunjung ke ATB, ini sebuah pengalaman berharga bagi kami sebagai pelanggan, sebab tidak semua pelaggan bisa mendapatkan kesempatan seperti ini. Sekarang kami jadi tahu proses air yang kami gunakan sehari hari prosesnya cukup panjang,” jelas Sinur Mauli pelanggan ATB di Perum Bukit Indah Batuaji.

Lebih dari itu, kegiatan edukasi ATB diharapkan bisa memberikan wawasan lebih luas kepada seluruh elemen masyarakat. Masyarakat bisa lebih memahami bahwa mengelola air bersih tidak lah mudah, mengingat Batam yang tidak memiliki sumber air baku yang terbatas.

Melalui program-program edukasi ini, diharapkan masyarakat bisa aktif berpartisipasi dalam menjaga kebersihan lingkungan dan menghemat penggunaan air bersih untuk masa depan Batam yang lebih baik.

Meski terlihat sederhana, efek dari sosialisasi yang diberikan diharapkan bisa memberikan dampak besar.

Edukasi yang diberikan merupakan bagian dari tanggung jawab moral perusahan yang bisa dirasakan langsung oleh masyarakat maupun instansi hingga sekolah.

“Setiap warga atau siswa yang berkunjung ke ATB bisa semakin peduli terhadap lingkungan maupun menghemat dalam penggunaan air bersih yang tersedia,” ujar Maria.

ATB mengajak seluruh elemen masyarakat menjadikan perilaku hemat air dan menjaga lingkungan sebagai budaya sehari-hari. Agar pemanfaatan air bersih maupun kelangsungan ketersediaan air bersih bisa terus terjaga. dicky sigit rakasiwi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com