SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Aunur Rombak Empat SOTK

  • Reporter:
  • Selasa, 8 Januari 2019 | 14:42
  • Dibaca : 140 kali
Aunur Rombak Empat SOTK
Bupati Karimun Aunur Rafiq. / Dok KORAN SINDO BATAM

KARIMUN – Pemerintah Kabupaten Karimun segera merombak Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK) di beberapa Organisasi Perangkat Daerah. Perubahan SOTK tersebut dilakukan berdasarkan Peraturan Daerah yang telah disahkan tahun 2017 lalu diantaranya Perda Nomor 50, 51, 52, 53 dan 54 tentang Susunan Keorganisasian dan Uraian Tugas.

Perombakan SOTK tersebut baru dapat terealisasikan pada 2019, karena sejak disahkan pada 2017 lalu perda itu belum bisa diterapkan karena keterbatasan anggaran.

“Ada lima perda yang kita sahkan tahun 2017 untuk segera di realisasikan, yakni perda nomor 50, 51, 52, 53 dan 54, tentang susunan keorganisasi dan uraian tugas. Melalui perda itu, nantinya akan terjadi perubahan nama OPD,” kata Bupati Karimun Aunur Rafiq, Senin (7/1).

Ia menjelaskan, penerapan Perda itu nantinya akan ada empat OPD yang berubah, antara lain Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dan Kebersihan Karimun akan berubah menjadi Dinas Perumahan dan Permukiman, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, dan Unit Pelaksana Teknis di Dinas Pendidikan Karimun.

“Untuk kebersihan nanti akan dipindahkan ke Dinas Lingkungan Hidup. Kebersihan tidak bergabung lagi dengan Dinas Pemukiman, dan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang akan berubah menjadi Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) ” katanya.

Ia mengatakan, perubahan nama dari empat SOTK tersebut saat ini masih dilakukan penyusunan struktur. Setelahnya, akan dilakukan pelantikan dalam waktu dekat.

“Harus kita siapkan cepat, karena kalau lambat mereka yang di OPD itu tidak bisa gajian. Karena gajinya sudah dengan SOTK yang baru. Seperti di Kebersihan misalnya, banyak petugas kita di lapangan yang bekerja akan terlambat terima gaji kalau tidak segera kita susun secepatnya,” katanya.

Rafiq mengatakan, usai penyusunan nantinya Pemerintah akan segera melakukan pelantikan yang direncanakan berlangsung dalam waktu dekat ini. Menurutnya, pelantikan hanya akan dilakukan untuk Kepala OPD dari SOTK yang baru. Artinya, tidak akan dilakukan perombakan secara menyeluruh.

“Kami tidak merombak menyeluruh, karena kalau pelantikan keseluruhan harus ada proses sebelumnya yakni open bidding. Sehingga hanya empat SOTK itu saja yang kita lantik secepatnya,” katanya.

Ricky Robiansyah

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com