SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Awasi Potensi Kecurangan Pemilu, Panwaslu Cek Keabsahan Bacaleg dari Parpol

  • Reporter:
  • Jumat, 20 Juli 2018 | 10:25
  • Dibaca : 72 kali
Awasi Potensi Kecurangan Pemilu, Panwaslu Cek Keabsahan Bacaleg dari Parpol
ilustrasi

BINTAN – Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Bintan, Dumoranto Situmorang menyatakan, pihaknya terus bekerja mengawasi tahapan pelaksaan pemilu serentak 2019 yang saat ini sedang berjalan dan dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bintan.

Pengawasan secara melekat sudah dilakukan sejak tahap awal pelaksaannaan Pemilu 2019, termasuk tahap pendaftaran bacakl calon legislatif (bacaleg) yang baru saja selesai di Kantor KPU Bintan.

“Dalam pendataran yang berakhir Selasa kemarin, kami awasi keabsahan dari masing-masing bacaleg yang didaftarkan oleh parpol peserta pemilu,” ujarnya, Kamis (19/7/2018).

Keabsahan yang dimaksud, sambungnya, tentang keaslian dari cap legalisir ijazah bacaleg karena dianggap berpotensi untuk dipalsukan. “Potensi-potensi ini yang kami awasi, karena kami memaksimalkan fungsi pencegahan dalam pengawasan,” katanya.

Selain cap legalisir ijazah bacaleg, berkas lainnya yang diteliti mengenai legalitas surat-menyurat yang menjadi persyaratan. Menurut dia, KPU Bintan saat ini sedang melakukan tahapan verifikasi terhadap berkas yang telah masuk dari masing-masing bacaleg yang didaftarkan parpol.

“Verifikasi berlangsung dari hari ini (kemarin) hingga tanggal 21 Juli. Masih ada diberikan kesempatan kepada para caleg untuk memperbaiki berkas yang kurang hingga tanggal 30 Juli mendatang,” ujarnya.

Seperti diketahui dalam tahapan pelaksaan Pemilu 2019, seluruh parpol telah mendaftarkan seluruh bacalegnya ke KPU Bintan, Selasa (17/7). Sebanyak 16 parpol peserta pemilu resmi melamarkan nama-nama bacaleg yang akan bertarung di empat dapil yang ada di Bintan.

“Semua partai mendaftar, partai terakhir yang mendaftar yakni PSI (Partai Solidaritas Indonesia) yang datang mendaftar sekitar pukul 23.45 ,” kata Komisioner KPU Bintan, Rusdel.

Jumlah bacaleg yang didaftarkan masing-masing parpol beragam. Ada yang 25 bacaleg diajukan untuk maju bertarung di empat dapil yang ada di Bintan, dan ada pula hanya tiga nama yang diajukan parpol. “Secara keseluruhan ada 289 berkas bacaleg yang diajukan dari 16 parpol peserta pemilu untuk diverifikasi sebelum diperbaiki masing-masing parpol,” ujarnya. novel m sinaga

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com