SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Bacok Tetangga, Ikwan Dipenjara 10 Bulan

  • Reporter:
  • Kamis, 9 Agustus 2018 | 14:55
  • Dibaca : 71 kali
Bacok Tetangga, Ikwan Dipenjara 10 Bulan
ilustrasi

BATAM KOTA – Ikwan Paus Tukup, pria paruh baya dijatuhi hukuman 10 bulan penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Batam, Rabu (8/8). Ia diganjar hukuman tersebut setelah mengancam dan melukai tetangganya menggunakan sebilah parang pada Februari lalu.

Majelis hakim Iman Budi, Hera Polosia dan Redite Ika Septina sependapat dengan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Rumondang yang menyatakan bahwa terdakwa terbukti melanggar pasal 2 ayat (1) UU Darurat No 12 tahun 1951 tentang Tindak Pidana Membawa Senjata Tajam. Namun, majelis hakim tidak setuju dengan hukuman yang harus dijatuhkan kepada terdakwa.

“Menjatuhkan hukuman penjara selama 10 bulan, dikurangi sepenuhnya dengan masa penahanan yang telah dijalani,” kata Iman membacakan amar putusan.

Sebelumnya, JPU Rumondang menyatakan terdakwa melakukan tindak pidana membawa senjata tajam. JPU Rumondang menuntut terdakwa dengan hukuman satu tahun penjara pada persidangan sebelumnya. Namun, atas tuntutan tersebut, terdakwa langsung menyampaikan permohonan keringanan hukuman dan mengakui perbuatannya.

Sementara itu dalam dakwaan disebutkan, kejadian pengancaman berawal dari hal sepele. Kala itu, terdakwa tengah mencuci mobil di depan rumahnya yang berada di Perumahan Arthaguna Lestari Blok A No 5, Sagulung, 20 Februari 2018 lalu. Seketika, saksi Misdianto melintas dengan membawa ember dan jerigen yang berisi air minum sembari menoleh ke arah terdakwa.

Melihat hal tersebut, terdakwa marah dan langsung meneriaki korban. “Apa lihat-lihat,” ujar terdakwa kepada korban. Teriakan itu dijawab oleh saksi korban. “Bagaimana nggak lihat, orang saya lewat,” ujar korban. Namun jawaban tersebut membuat terdakwa semakin naik pitam dan kembali menyauti omongan korban. Tak lama, terdakwa masuk ke dalam rumahnya dan kembali ke luar dengan sebilah parang.

Parang tersebut diayunkan terdakwa ke arah korban. Korban Misdianto mencoba menghindar dan menutup wajahnya dengan tangan. Alhasil, parang mendarat di punggung tangan dan mengakibatkan luka robek di beberapa jari korban. aini lestari

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com