SINDOBatam

Opini+

Jungkir Balik+

Bandara Baru Natuna Didengungkan

Bandara Baru Natuna Didengungkan
Suasana landasan pacu Bandara Ranai, Natuna, beberapa waktu lalu. Pemkab setempat berencana membangun bandara baru. /ist

NATUNA – Pemkab Natuna menyuarakan wacana pembangunan bandar udara baru selain Bandara Enclave Sipil Ranai yang diresmikan Presiden Joko Widodo. Pemkab berkeyakinan jika proyek itu terwujud maka harga tiket pesawat bisa terjangkau.

Kepala Dinas Perhubungan Natuna Iskandar mengungkapkan pihaknya tengah melakukan survei lokasi untuk dibangun bandara yang rencananya berstatus bandara internasional. Proyek ini disebut bukan rencana mendadak melainkan rencana yang telah lama didengungkan. “Baru tahap survei saja. Nanti kami bikin dulu feasibility studynya (studi kelayakan), baru kemudian kami sampaikan ke Kementerian Perhubungan,” kata Iskandar di ruang kerjanya, Senin (8/1/2018).

Wacana ini, lanjut Iskandar, adalah upaya mengantisipasi jika Bandara Ranai fungsi menjadi pangkalan militer. Pertimbangan itu mengacu arahan dari Presiden Joko Widodo yang telah mencanangkan Natuna sebagai sentral pertahanan di wilayah perbatasan Indonesia baik pertahanan laut, darat dan udara.

“Jika benar dijadikan pangkalan militer, agar nantinya tidak mengganggu aktivitas sipil. Tapi ini baru pengajuan, realisasinya bisa 2 atau 3 tahun lagi,” jelasnya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com