SINDOBatam

Terbaru Spirit+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Bandara Letung Anambas Diperluas 3 Hektare Tahun ini

  • Reporter:
  • Jumat, 19 Mei 2017 | 12:45
  • Dibaca : 670 kali
Bandara Letung Anambas Diperluas 3 Hektare Tahun ini

ANAMBAS – Rencana perluasan Bandara Letung, Anambas, terkendala pembebasan lahan yang belum ditemukan pemiliknya. Pemkab menyiapkan langkah konsinyasi atau uang pembebasan dititipkan di pengadilan.

Sekretaris Perhubungan dan Lingkungan Hidup Pemkab Anambas Zulkarnain menjelaskan langkah konsinyasi terpaksa ditempuh agar pembebasan lahan bisa dilaksanakan secepatnya mengingat rencana perluasan bandara sudah dijadwalkan tahun ini.

Sementara Panitia Pengadaan Tanah Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup telah mengumumkan rencana pembebasan lahan sejak 29 April dan batas waktu terakhir 18 Mei 2017. Tapi tidak ada pemilik bidang lahan tersebut sampai batas terakhir pengumuman.

“Perluasan bandara butuh 3 hektare yang dikerjakan tahun ini, tapi sampai sekarang belum diketahui siapa pemilik bidang lahan itu. Jadi kami akan menitip uang ganti rugi bidang lahan di pengadilan negeri,” papar Zulkarnain, kemarin.

Mengingat batas waktu pengumuman pengadaan tanah sudah habis, maka panitia akan menghitung kebutuhan lahan dan nilai harga bidang untuk perluasan tersebut. Badan Pertanahan Negara (BPN) sebagai juru ukur lahan akan dimintai bantuan untuk menghitung luas tanah. Sementara nilai bidang tanah dihitung oleh Tim Appraisal.

Kepala Satuan Pelayanan Bandara Letung Ariadi Widiawan mengatakan pelaksana proyek menggesa pekerjaan karena sudah dikejar jadwal agar bisa selesai tepat waktu.

Adapun setelah bangunan utama selesai dibangun, sekarang tengah dibangun kelengkapan lain seperti fasilitas parkir dan memperpanjang landasan pacu sekitar 220 meter. Panjang landas pacu itu sesuai rencana induk bandara atau sekitar 1.650 meter.

Menurut Ariadi, Kementerian Perhubungan sudah menambah anggaran untuk pekerjaan landasan pacu yang membutuhkan dana Rp5,2 miliar. Tambahan landasan pacu ini ditargetkan selesai tahun depan.

“Artinya tahun depan runway Bandara Letung menjadi 1.600 meter,” sebut dia.

Sebagai gambaran, Bandara Letung mulai dibangun pada Februari 2013. Bandara yang berlokasi di pesisir Pulau Letung ini berlandas pacu 1.200 meter dengan lebar 30 meter. Pembangunan bandara kini telah memasuki fase akhir dan tinggal menunggu diresmikan.

Bandara telah dilengkapi landas pacu, gedung administrasi, gedung listrik, ruang tunggu dan ruang kedatangan. Pembangunan bandara menghabiskan anggaran Rp250 miliar yang berasal dari APBD Anambas Rp50 miliar dan APBD Kepri Rp200 miliar.

Sebelumnya Bupati Anambas Abdul Haris menyatakan bandara ini penting untuk memperkuat kedaulatan negara karena berbatasan langsung dengan Malaysia dan Singapura.

Selain itu, bandara komersil pertama di kabupaten ujung utara Indonesia ini diharapkan segera beroperasi demi mempermudah akses dari daerah lain ke kabupaten yang punya 255 pulau itu.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com