SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Bangun Fasilitas Perawatan, Garuda Kerja Sama dengan Perusahaan Asing

  • Reporter:
  • Kamis, 6 April 2017 | 14:29
  • Dibaca : 561 kali
Bangun Fasilitas Perawatan, Garuda Kerja Sama dengan Perusahaan Asing
Pesawat Garuda menurunkan penumpang di Bandara Hang Nadim. Foto Agung Dedi Lazuardi.

NONGSA – PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia (GMF) menjalin kerja sama dengan dua perusahaan besar yang bergerak di bidang Maintenance, Repair & Overhaul (MRO). Kedua perusahaan tersebut adalah AFI KLM Engineering & Maintenance (AFI KLM E&M) asal Eropa dan Mitsui & Co Ltd dari Jepang.

Pelaksana Tugas Direktur Utama GMF I Wayan Susena mengatakan, kerja sama yang ditandai dengan penandatanganan nota kesapahaman (MoU) tersebut, untuk menggarap fasilitas perawatan pesawat di Batam. Menurut dia, kerja sama ini merupakan tindak lanjut dari rencana GMF yang akan membangun MRO di Bandara Internasioanal Hang Nadim. “Sebelumnya kami juga telah menjalin kerja sama dengan BP Batam untuk penggunaan lahan di bandara,” kata Wayan di Jakarta, Selasa (4/4).

Pihaknya berharap dengan terjalinnya kerja sama ini, GMF dapat memperkuat posisinya di kawasan Asia Pasifik. Di samping itu kerja sama ini juga dapat mempercepat langkah anak perusahaan Garuda Indonesia tersebut mencapai visinya menjadi top 10 perusahaan MRO di dunia.

Kerja sama strategis ini diawali dengan studi kelayakan yang dikerjakan bersama yang nantinya akan menjadi dasar kelanjutan kerja sama ini. Pemilihan lokasi di Batam dilandasi oleh letak geografisnya dekat dengan Singapura yang merupakan hub aviasi di kawasan Asia Tenggara. “Kami juga berharap kerja sama ini dapat menuai nilai positif seiring rencana GMF untuk melakukan penawaran publik perdananya di triwulan ketiga tahun 2017,” ujarnya.

Group EVP AFI KLM E&M, Anne Brachet mengatakan bahwa kemampuan GMF dan AFI KLM E&M dapat membantu memperkuat posisinya di kawasan Asia Pasifik. Anne menambahkan, MoU ini membantu AFI KLM E&M dalam merambah pasar Asia.

AFI KLM E&M merupakan perusahaan penyedia jasa MRO global. Dengan jumlah pekerja lebih dari 14.000 orang. Perusahaannya itu menawarkan technical support secara menyeluruh kepada operator pesawat terbang mulai dari jasa Engineering, Line Maintenance hingga Engine Overhaul, Aero Structure dan Fan Thrust reverser.

“Kami juga menawarkan penyediaan komponen dan juga jaringan logistic yang kuat. Kami telah membantu lebih dari 2.000 pesawat yang dioperasikan oleh 200 operator baik domestic maupun internasional,” katanya.

Menurut dia keberadaan GMF di kawasan strategis Asia menjadi penting bagi AFI KLM E&M. Bersama dengan GMF, pihaknya dapat melayani pelanggan yang berasal dari kawasan Asia.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com