SINDOBatam

Terbaru Spirit+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Bangun Jalan Layang Menuju Dompak

  • Reporter:
  • Rabu, 6 Februari 2019 | 11:44
  • Dibaca : 184 kali
Bangun Jalan Layang Menuju Dompak
Wakil Gubernur Kepri Isdianto meninjau pertigaan Jalan Basuki Rahmat, tepat di persimpangan menuju Pulau Dompak, Tanjungpinang, Senin (4/2). /SUTANA

PINANG – Wakil Gubernur Kepri Isdianto meninjau kondisi pertigaan Jalan Basuki Rahmat, tepat di persimpangan menuju Pulau Dompak, Tanjungpinang. Pasalnya pertigaan itu sering terjadi kecelakaan lalu lintas (lakalantas) bahkan banyak menimbulkan korban.

Dengan kondisi tersebut Isdianto langsung memerintahkan Kepala Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Kepri Abu Bakar untuk membenahi jalur tersebut agar tidak terjadi lagi kasus kecelakaan.

“Saya sudah sering mendapatkan keluhan dan laporan dari masyarakat, terkiat sering terjadinya kecelakaan di pertigaan ini. Untuk itu saya akan mengambil langkah agar ada perbaikan sehingga tidak terjadi lagi kecelakaan,” ujarnya, Senin (4/2).

Ia mengatakan, dengan dibukannya akses jalan menuju Pulau Dompak, menjadikan akses jalan yang tadinya hanya dua jalur ada persimpangan. Dengan adanya persimpampangan ini, maka arus kendaraan terjadi perubahan, pengendara harus berhati-hati karena banyak kendaraan yang akan masuk ke jalur arah Dompak.

“Karena jalur simpang tiga ini berada dibelokan dan dari arah jalan depan kantor gubernur lama jalannya menurun dan juga ada persis di atas jembatan, sehingga menyulitkan pengendara. Untuk itu saya minta ke Dinas PUPRP dan Dinas Perhubungan agar merekayasa jalur yang ada ini sehingga aman bagi pengendara,” harapnya.

Ia juga meminta kepada Dinas PU Kepri agar pertigaan tersebut dilebarkan. Selain itu, solusi lainnya agar dibuatkan bundaran di tengah pertigaan tersebut. Untuk pelebaran jalan kata Isdianto karena Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kepri 2019 sudah berjalan sehingga tidak mungkin bisa disisipkan di murni. Untuk itu akan diusahakan masuk dianggarkan APBD Perubahan.

“Pelebaran ini untuk solusi jangka pendek. Sebab, untuk jangka panjang di lokasi ini rencananya akan dibangun jalan layang,” jelasnya.

Rencana pembangunan jalan layang ini tambahnya sudah dirancang sejak lama, seiring dengan pembangunan Jembatan I Dompak. Namun, karena ada hambatan terkait penganggarannya sehingga pembangunanya tertunda.

“Rencana jalan layang ini sudah digagas sejak zaman almarum HM Sani. Bahkan DED sudah ada dan nantinya akan melakukan pembebasan sejumlah rumah toko (ruko) untuk pembangunan ini. Mudah-mudahan keuangan Kepri membaik rencana ini bisa diwujudkan, ini solusi untuk mengatasi kesemrawutan yang ada,” katanya.

Kepala Dinas PUPRP Kepri Abu Bakar mengatakan, untuk solusi jangka pendek masalah di pertigaan ini akan diusahakan dengan mengatur atau merekayasa jalur yang ada.

“Untuk solusi jangka pendek sesuai arahan Pak Wagub akan diusahakan secepatnya dikerjakan. Dan untuk jangka panjang memang ini yang masih dilakukan pembahasan sebab anggaran membangun jalan layang biayanya tidak sedikit,” sebutnya.

sutana

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com