SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Bangun Pelabuhan Berteknologi Canggih

  • Reporter:
  • Sabtu, 31 Agustus 2019 | 10:51
  • Dibaca : 316 kali
Bangun Pelabuhan Berteknologi Canggih
Aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Batuampar, beberapa waktu lalu. BP Batam tengah merevitalisasi Pelabuhan Batuampar menjadi pelabuhan bongkar muat berteknologi canggih dan modern. f dok sindo batam

BATUAMPAR – BP Batam tengah memulai pengembangan Pelabuhan Batuampar. Tak sekadar meningkatkan fasilitas, pelabuhan terbesar di Kota Batam ini juga dilengkapi dengan teknologi canggih, sehingga dapat menggaet investor untuk menanamkan modal di Batam.

Deputi Bidang Pengusahaan Sarana Usaha BP Batam, Dwianto Eko Winaryo mengatakan, dalam rencana pengembangan Pelabuhan Batuampar ada beberapa konsep yang coba dikembangkan. Di antaranya yaitu BTO (Build-Transfer-Operate), sehingga pemerintah menang di depan dan tidak menerima aset sisa.

“Beberapa pelabuhan lain sudah menggunakan teknologi tinggi, alat bongkar muat yang juga lebih canggih. Karena itu fokus Pelabuhan Batuampar adalah memaksimalkan container yard yang sebelumnya sudah ada,” ujarnya, Jumat (30/8).

BP Batam saat ini akan merelokasi dua gudang milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Persero Batam ke sisi utara. Sehingga BP Batam bisa memanfaatkan container yard yang ada di belakang gudang tersebut menjadi terbuka, luasan lahannya diperkirakan mencapai 10 hektare.

Tahap pengembangan selanjutnya adalah melakukan dredging (pengerukan) untuk bisa menerima kapal-kapal yang TEUs nya cukup besar. Sehingga bisa menjadi efisiensi dan penambahan alat bongkar muat. Saat ini sudah ada dua harbour mobile crane (HMR) di Pelabuhan Batuampar.

“Di sana juga ada dua RTG (Rubber Tyred Gentry Crane) yang sudah beroperasi hasil dari kerjasama operasi (KSO) alat dengan Pelindo I,” kata Dwianto.

Hingga Juni lalu, total TEUs di pelabuhan Batam hampir mencapai 439.000 TEUs, dengan rincian 309.000 TEUs ada di Pelabuhan Batuampar sedangkan sisanya berasal dari Pelabuhan Kabil dan tempat lainnya. Dwianto berharap, ke depannya tahap pemaksimalan dermaga utara, khususnya konstruksi lama, dapat direvitalisasi bersama dengan dermaga timur dan selatan.

“Revitalisasi membutuhkan biaya cukup besar, sehingga skema-skema kerja sama ini harusnya dapat kami dorong,” ujarnya.

Pihaknya mengaku sudah kehabisan waktu untuk bisa melaksanakan itu dengan skema-skema yang alternatif. Karena itu BP Batam melihat bahwa ada BUMN yang cukup punya kekuatan dana untuk bisa membantu BP Batam mengembangkan ini secara cepat.

“BP Batam selalu intens membahasnya bersama Kementerian Keuangan terkait dengan administratif yang perlu disiapkan,” tegasnya.

Sebelumnya, Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) mendukung pengembangan Pelabuhan Batuampar sebagai hub logistik. Pelabuhan bongkar muat terbesar di Batam ini diharapkan bisa terus ditingkatkan untuk mendorong kegiatan industri di dalam Kawasan Perdagangan Bebas Pelabuhan Bebas (KPBPB) Batam.

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Dito Ganinduto mengatakan, kunjungan kerja (kunker) ke Batam dilakukan guna mengevaluasi persoalan pembangunan dan pengembangan Batam ke depan, salah satunya pengembangan Pelabuhan Batuampar. Pelabuhan Batuampar dinilai penting bagi pembangunan Batam ke depan. “Ada beberapa hal yang masih kurang sesuai yang diharapkan pada Pelabuhan Batuampar saat ini, yakni kurang memadai fasilitas bongkar muat dan tingginya biaya pengiriman sehingga tidak efisien,” ujarnya, Minggu (13/7).

Ia menjelaskan, saat ini investor yang masuk ke Batam sudah meningkat dengan baik. Fasilitas yang ada di Batam harus didukung oleh infrastruktur yang memadai seperti pelabuhan. Semakin banyak investor yang melakukan investasi, maka fasilitas infrastukturnya juga harus diperbaiki, khususnya pelabuhan.

“DPR kan menyampaikan kepada pemerintah khususnya Kemeterian Perekonomian untuk dapat merealisasikan perluasan Pelabuhan Batuampar, sehingga ke depannya pelabuhan ini bisa menjadi fasilitas yang memadai,” katanya. ahmad rohmadi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com