SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Bangun Politik Edukasi Bukan Provokasi

  • Reporter:
  • Rabu, 7 Maret 2018 | 11:02
  • Dibaca : 266 kali
Bangun Politik Edukasi Bukan Provokasi
Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Soermasono saat membuka Rakernas III Adeksi di Swiss Bell Hotel, Batam, Selasa (6/3/2018).

BATAM – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III Asosiasi DPRD Kota Seluruh Indonesia diharapkan bisa mewujudkan tahun politik yang cerdas, edukatif dan bermartabat bagi masyarakat. Adeksi harus mampu memberi pelajaran demokrasi yang mendidik, sekaligus mencegah berkembangnya politik provokasi.

“Politik edukasi bermakna pembelajaran politik yang baik dalam rangka ikut mencerdaskan kehidupan berdemokrasi. Jagan malah sebaliknya, politik provokasi yang muaranya memecah belah demokrasi menjadi tidak benar,” kata Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Soermasono saat membuka Rakernas III Adeksi di Swiss Bell Hotel, Batam, Selasa (6/3/2018).

Soemarsono mengatakan, penggunaan isu sara dalam berpolitik, harus dihentikan. Politik identitas yang tidak mendidik juga harus diakhiri. Apalagi terkait menyebarkan informasi hoax dan menyebarkan ujaran kebencian.

Ia juga mengajak, anggota dewan dengan kemampuan masing-masing bisa memberikan penjelasan akan politik yang baik sebagai pembelajaran. Kalau wakil rakyat dengan kemampuannya sudah bisa memberikan pembelajaran yang benar dalam berdemokrasi, maka dia yakin politik akan makin bagus ke depannya.

Ketua Umum Adeksi Armudji yang juga Ketua DPRD Kota Surabaya mengatakan, peserta rakernas ini mencapai 1000 orang dari seluruh wilayah Indonesia. Para anggota legislatif ini berkumpul guna merumuskan berbagai program kerja, sebagai mandat perwakilan rakyat demi mengawal pembangunan nasional. Rakernas ini juga dalam rangka mensukseskan tahun politik.

“Kita sebagai anggota dewan menginginkan, kalau politik yang ingin kita bangun adalah politik edukasi bukan politik provokasi. Sehingga tercipta politik yang santun beradab dan beretika,” katanya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com