SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Bangun Waduk di Pulau Karas, Penuhi Ketersedian Air di Hinterland

  • Reporter:
  • Rabu, 15 Mei 2019 | 16:14
  • Dibaca : 48 kali
Bangun Waduk di Pulau Karas, Penuhi Ketersedian Air di Hinterland
Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad. DOK KORAN SINDO BATAM.

GALANG – Pemerintah akan membangun waduk di Pulau Karas, Kecamatan Galang untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat. Hal ini mengingat air merumakan kebutuhan utama yang dibutuhkan oleh semua masyarakat. Pemko Batam saat ini juga tengah fokus untuk membangun pulau-pulau penyangga.

Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang, Suhar mengatakan, pengadaan air bersih untuk warga Karas ini akan dilakukan dengan pembangunan waduk. Rencananya dilaksanakan oleh Balai Wilayah Sungai Sumatera IV, saat ini sudah masuk dalam usulan musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) dan akan segera dibahas di tigkat nasional.

“Insya Allah tahun depan di Karas, BWSS IV bangun waduknya. Nanti Pemko yang bangun IPA (instalasi pengolahan air), jaringan pipa, dan SR-nya (sambungan rumah),” kata Suhar, Selasa (14/5).

Dengan adanya waduk ke depan tentunnya air hujan bisa ditampung di waduk tersebut. Setelah itu kemudian diolah melalui IPA sebelum didistribusikan kepada masyarakat setempat. Penyediaan air bersih memang menjadi prioritas utama, pihaknya juga fokus mengawal di musrenbang nasional tersebut agar rencana itu bisa terealisasi sebagaimana yang diharapkan.

“Kepastiannya kami tunggu hasil musrenbang tingat nasional. Saat ini masih berlangsung di Jakarta,” katanya.

Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad mengatakan, beberapa kepala dinas di lingkungan Pemko Batam saat ini memang tengah mengikuti musrenbang di Jakarta. Tentunya membahas secara teknis terkait dengan rencana pembangunan Kota Batam ke depan dengan kementerian terkait.

Saat bertemu dengan masyarakat di Pulau Karas, Amsakar menyampaikan terima kasih kepada masyarakat atas terselenggaranya Pemilu dengan aman dan lancar. Meski ada kekurangan, menurutnya itu hal yang biasa dalam sebuah ikhtiar. Berkat dukungan masyarakat, kerja sama aparat, semua dapat terselenggara dengan baik.

Ia juga menyampaikan kepada masyarakat di Karas dan pulau sekitar berita bahagia mengenai penghargaan yang diterima Pemko Batam dan Wali Kota Batam. Beberapa waktu lalu Wali Kota Batam Muhammad Rudi dinobatkan sebagai Wali Kota Terbaik dari sebuah lembaga yang bekerja sama dengan Kementerian Ristekdikti. Penghargaan ini, kata Amsakar, tak akan bisa diraih tanpa dukungan masyarakat.

“Pemerintah tak akan bisa berbuat apa-apa kalau masyarakat tak bahu-membahu. Karena sinergis itulah Alhamdulillah banyak yang bisa kita buat sekarang,” ujarnya. ahmad rohmadi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com