SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Bangunan Liar Sulit Ditertibkan

  • Reporter:
  • Jumat, 21 September 2018 | 13:33
  • Dibaca : 84 kali
Bangunan Liar Sulit Ditertibkan
Pemilik kios bahan bakar yang tinggal di bangunan liar di jalur hijau Jalan Raja Oesman Kelurahan Kapling sedang melayani pembeli. f ricky

KARIMUN – Penertiban bangunan liar di jalur hijau Kawasan Jalan Raja Oesman Kelurahan Kapling masih terkendala. Pertimbangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun untuk tak membongkar rumah milik warga tersebut karena warga telah memiliki surat dan kondisi penghuninya tergolong tak mampu.

“Ada beberapa persoalan memang. Di sisi lain mereka ada yang memiliki surat, di sisi lain mereka warga yang bisa dibilang kurang mampu,” kata Bupati Karimun Aunur Rafiq, beberapa waktu lalu.

Permasalahan tersebut berkelanjutan karena dari awal tidak dilakukan penertiban oleh pemerintah sebelumnya. Karena itu pihaknya sulit menertibkan bangunan liar tersebut.

“Kalau mau dibongkar ya harus dibongkar seluruhnya. Sementara itu dari dulu tidak dilakukan. Saya kira memang tidak bisa memberikan status legalitas formal. Yang penting mereka bisa tertib tinggal di sana. Lagipula kalau kita pakai kekerasan, pasti masyarakat akan meminta perlindungan. Bagaimanapun mereka warga kita,” kata Rafiq.

Rafiq menjelaskan, jika dibongkar secara paksa akan menimbulkan masalah dan bisa berhadapan dengan proses hukum. Pemerintah tengah mencari solusi dan mencoba melakukan pendekatan dengan masyarakat.

“Kita lagi mencari solusi supaya ke depannya tertata dengan baik. Tapi yang di sebelah kanan sudah dijadikan taman. Itu terus kita jaga dan tidak bisa dilakukan pembangunan untuk rumah warga,” katanya.

ricky robiansyah

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com