SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Banjir Lumpur Genangi Rumah Warga di Bintan Timur

  • Reporter:
  • Kamis, 25 Mei 2017 | 13:32
  • Dibaca : 295 kali
Banjir Lumpur Genangi Rumah Warga di Bintan Timur
arga komplek Perumahan Kijang Permai melihat rumah yang terendam lumpur akibat longsor dari Bukit Lengkuas, Rabu (24/5).novel m sinaga

BINTAN TIMUR – Banjir lumpur melanda komplek Perumahan Kijang Permai RT 02/RW 10, Kecamatan Bintan Timur, Rabu (24/5). Akibatnya, enam rumah terendam lumpur setinggi betis orang dewasa. Warga pun bergotong royong mengeluarkan barang untuk menghindari genangan lumpur.

Lumpur dari longsoran Bukit Lengkuas tersebut yang berdampak pada dan banjir lumpur ke rumah. Pantauan di lapangan, banjir lumpur akibat Bukit Lengkuas longsor setelah hujan deras selama 30 menit mengguyur wilayah tersebut. Lumpur berwarna kuning membuat rumah warga kotor, saat air mulai surut.

Diduga longsor dan banjir lumpur ini akibat maraknya perambahan hutan di kawasan Bukit Lengkuas yang merupakan hutan lindung tersebut. Pasalnya, hutan lindung itu juga tampak gundul.

“Banjir ini berasal dari belakang perumahan, akibat hutan di Bukit Lengkuas gundul sehingga gampang longsor. Banjir ini juga akibat tidak adalagi pohon yang menahan arus air,” ujar Ketua RT 02, Adi Alfani ditemui di lokasi perumahan warga.

Banjir bercampur lumpur yang sangat jarang terjadi di perumahan itu pun membuat para warga perumahan panik mengungsikan barang-barangnya ke tetangga agar perabotan rumah tidak terkena lumpur.

“Dulu tidak pernah banjir lumpur seperti ini, tapi sejak hutan lindung itu dibabat (Bukit Lengkuas), belakangan ini sering banjir, karena tidak ada lagi pepohonan yang meresap air jika hujan deras,” katanya.

Adi mengatakan, sedikitnya ada enam rumah warga terkena banjir lumpur. Karena rumah itu persis membelakangi Bukit Lengkuas. “Kalau pembabatan masih terjadi terus menerus, ke depan banjir bisa semakin parah, padahal itukan hutan lindung,” ujarnya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com