SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Bantu Ketersediaan Darah PMI Batam, Hakka Kumpulkan 173 Kantong Darah

  • Reporter:
  • Senin, 17 September 2018 | 11:41
  • Dibaca : 153 kali
Bantu Ketersediaan Darah PMI Batam, Hakka Kumpulkan 173 Kantong Darah
Pengurus Hakka Indonesia Kota Batam bersama pendonor saat kegiatan donor darah Hakka Kota Batam di Nagoya Hill Mall, Minggu (16/9). f reni hikmalia

LUBUKBAJA – Hakka Indonesia Kota Batam berhasil mengumpulkan 173 kantong darah dalam kegiatan donor darah di lantai dasar Nagoya Hill Mall, Minggu (16/9/2018). Kegiatan donor darah ini dilaksanakan oleh 60 cabang Perhimpunan Hakka di seluruh Indonesia.

Ketua Harian Hakka Indonesia Kota Batam, Jonly Liong mengatakan, kegiatan donor darah ini merupakan kegiatan kedua kalinya yang dilaksanakan pada tahun 2018.

“Hakka termasuk salah satu perkumpulan terbesar dari marga Tionghoa. Kami rutin setiap tiga kali dalam setahun melakukan kegiatan ini. Untuk selanjutnya kegiatan serupa dilaksanakan Desember mendatang,” ujarnya.

Ia menyebutkan, Hakka Indonesia di seluruh Indonesia pada momen Hari Kemerdekaan 17 Agustus lalu melaksanakan kegiatan donor darah nasional. “Kegiatan donor darah serentak dilakukan di Hari Kemerdekaan Indonesia, tapi cuma di Batam tak ada tempat jadi kami gelar hari ini (kemarin),” katanya.

Menurut Jonly, Hakka Indonesia merupakan suatu organisasi sosial. Selain kegiatan donor darah banyak kegiatan bakti sosial (baksos) lain yang dilaksanakan, seperti kegiatan pada awal tahun, Ramadan dan Natal. Kegiatan tersebut berupa santunan anak yatim piatu dan memberikan keperluan pendidikan.

Ketua Panitia Vincent menyampaikan, donor darah ini untuk membantu sesama manusia serta mengajak bekerja sama dalam memenuhi kebutuhan darah, khususnya di Kota Batam. “Hakka Indonesia di Batam mempunyai banyak relasi, saya optimis mencapai target,” ujarnya.

Ia berharap kegiatan akan berlangsung setiap tahunnya supaya kebutuhan darah di Batam tetap terpenuhi. “Kegiatan ini bekerja sama dengan PSMTI (Panguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia) dan Palang Merah Indonesia (PMI),” kata Vincent.

Sekretaris Hakka Indonesia Kota Batam, Hendra Asman mengatakan, dengan donor darah tubuh akan sehat selalu serta membantu sesama. “Tubuh saya selalu minta, sebelum donor pegal, habis donor lentur saja. Sesuatu yang luar biasa, selain memberikan kita sehat membantu orang sehat,” kata anggota DPRD Kota Batam ini.

Ia juga mengapresiasi seluruh kegiatan yang dilakukan Hakka Indonesia yang mempunyai niat membantu sesama. Hendra berharap Hakka Indonesia mampu memberikan kontribusi yang positif, warna tersendiri untuk mengisi kemerdekaan di tengah masyarakat Batam yang beragam ini.

“Hakka tidak pernah mengenal kata capek. Pak Hoksin (Ketua Hakka Indonesia Kota Batam) dan Pak Jonly selalu memberikan contoh teladan yang baik dan kami merasa bangga dipimpinnya,” katanya.

Salah seorang pendonor, Andi mengatakan, donor darah membuat dirinya sehat dan juga dapat membantu sesama. Ia berharap semakin banyak kegiatan donor darah di Batam supaya kebutuhan darah di PMI Batam selalu terpenuhi. “Saya sudah 7 kali donor darah, setiap 3 bulan sekali saya donor,” ujarnya. reni hikmalia

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com