SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Bara Belum Paham

  • Reporter:
  • Kamis, 19 April 2018 | 15:23
  • Dibaca : 57 kali
Bara Belum Paham

BOURNEMOUTH–Hujan yang mengguyur Stadion Old Trafford saat Manchester United (MU) dikalahkan West Bromwich Albion 0-1, Senin (16/4) tak cukup kuat mendinginkan hati Jose Mourinho.

Di bawah guyuran hujan, wajah pelatih MU tersebut terlihat masam. Beberapa kali dia menampakkan rasa kecewa terhadap para pemainnya yang tak bisa membongkar pertahanan West Brom, sebelum akhirnya kebobolan yang membuat Manchester City (Man City) merayakan gelar juara musim ini.

“Beberapa pemain bermain sepak bola stylish. Kami membuat semuanya menjadi rumit dan lawan merasa nyaman. Semuanya lambat, gaya, trik, diputar lagi. Tidak cair,” kata Mourinho, setelah timnya melawan West Brom. Bara amarah arsitek berusia 53 tahun itu belum padam dan berlanjut jelang laga melawan Bournemouth di Stadion Vitality, dini hari nanti.

Mourinho mengatakan akan melakukan beberapa perubahan dibandingkan saat melawan West Brom. Namun, perubahan itu tidak berarti dirinya sedang melakukan rotasi untuk menyimpan energi di semifinal. Mereka yang bermain melawan Bourne mouth tetap memiliki peluang tampil menghadapi Tottenham Hotspur di semifinal Piala FA, Sabtu (21/4).

“Rotasi bukan kata yang tepat untuk alasan ini. Bahasa rotasi mengesankan pemain yang tampil diposisikan sebagai pengganti untuk memberikan istirahat kepada pemain lain untuk tampil di semifinal,” tandasnya. Jadi, lanjutnya, bahasanya bukan rotasi.

Karena, beberapa dari mereka yang melawan Bournemouth tetap memiliki peluang menghadapi Totten ham, sedangkan yang tampil saat laga me lawan West Brom tak akan men da pat kan tempat di semifinal. Pelatih yang pernah menukangi Chelsea dan Real Madrid itu mengatakan, sebagai yang bertanggung jawab terhadap tim, ada kriteria sebelum menentukan starting line-up.

“Saya hanya tahu satu kriteria, yaitu cara mereka bermain. Ini adalah satu-satunya cara saya dapat memilih pemain. Bukan kontrak, gaji, atau wajah mereka. Satu-satunya cara adalah dengan kinerja,” ujarnya. Musim ini beberapa pemain MU tidak pernah bisa tampil konsisten dari satu pertandingan ke pertandingan lainnya.

Perubahan-perubahan yang dilakukan Mourinho dalam beberapa laga tak selalu bisa membantu karena pemain tampil buruk. Paul Pogba, Juan Mata, Marcus Rashford, Anthony Martial, Jesse Lingard termasuk Alexis Sanchez dan beberapa nama lain tak pernah bisa tampil sesuai standar dalam setiap laga.

Jika ada yang tak tersentuh, mereka adalah Nemanja Matic, David de Gea, Antonio Valencia, Ashley Young, dan Romelu Lukaku. Sisanya, harus keluar-masuk ruang perawatan karena cedera. Satu nama yang sering disorot adalah Pogba. Situasi ini membuat mantan gelandang Juventus tersebut dikabarkan tidak mendapat tempat lagi di skenario Mourinho musim depan.

Gelandang timnas Prancis itu tak bisa memenuhi permintaan Mourinho tampil stabil setiap laga dan diizinkan untuk pergi. Ancaman Mourinho melakukan rotasi membuka peluang beberapa pemain muda tampil sebagai starter.

Rashford, Martial, dan Lingard yang bermain sebagai pengganti melawan West Brom kemungkinan menjadi starter. Tenaga mereka akan dikombinasikan dengan Phil Jones, Marcos Rojo, Scott McTominay, dan Luke Shaw yang berada di bangku cadangan, pekan lalu.

“Konsistensi bukan tentang usia. Ini ten tang kepribadian dan bagaimana memperlakukan sepak bola dalam hidup, tak ada hubungannya dengan usia. Ada pe main berusia 30 tahun tak bisa tampil konsisten. Tapi, ada pemain berusia 18, 19, 20 tahun bisa menjadi lelaki sejati,” tandasnya.

Bournemouth sebenarnya sudah berada dalam posisi aman dari ancaman zona degradasi, meski sebelumnya mereka kalah dari Liverpool akhir pekan lalu. Eddie Howe, pelatih Bournemouth, mengaku sudah nyaman dengan posisi mereka sekarang. “Kami sudah sulit dikalahkan. Kami mendapat banyak hasil imbang dalam beberapa pertandingan terakhir. Kami bermain bagus sejak Natal,” tandas Howe.

ma’ruf

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com