SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Basarnas Natuna Butuh Tambahan Personel

  • Reporter:
  • Jumat, 3 Mei 2019 | 13:35
  • Dibaca : 97 kali
Basarnas Natuna Butuh Tambahan Personel
Kepala Basarnas Natuna Mexianus Bekabel memperkenalkan kegunaan alat kerja SAR kepada awak media, kemarin. f sholeh ariyanto

NATUNA – Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Natuna Mexianus Bekabel menggandeng insan pers Natuna dalam mendukung program kerja Basarnas di wilayah Natuna.

Menurutnya, keterbatasan personel bukan menjadi halangan Kantor Pencarian dan Pertolongan Natuna dalam menjalankan tupoksi, oleh sebab itu keberadaan pers sangat membantu dalam penyampaian informasi di lapangan.

Dalam acara ramah tamah Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Natuna, Mexianus Bekabel bersama awak media tersebut dikemas dalam acara sosialisasi kesiapan dalam pelaksanaan operasional SAR di wilayah kabupaten Natuna-Anambas. “Terima kasih rekan media sudah hadir, ini adalah program utama saya sejak menjabat Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Natuna. Meskipun baru dua minggu bertugas, namun saya merasa dekat dengan rekan-rekan,” kata Mexi di Kantor Basarnas Natuna, Kamis (2/5).

Mexi juga mengajak awak media untuk tanggap dan siap siaga di manapun berada. Karena musibah bisa datang kapan saja tanpa mengenal waktu dan tempat.

“Sebentar lagi akan masuk bulan puasa dan lebaran Idul Fitri, kami akan monitor semua tempat wisata demi memberikan rasa aman kepada warga yang berwisata khususnya di pantai,” jelasnya.

Mexi juga mengimbau kepada awak media untuk ikut membantu menginformasikan kepada pihaknya bila terjadi musibah di lapangan. Dengan begitu pertolongan akan lebih maksimal.

Saat ini peralatan dan jumlah personel masih sangat sedikit. Idealnya untuk Kantor SAR kelas B ini, sekitar 80 orang personel. Sementara untuk Kantor SAR kelas A, sebanyak 100 hingga 300 orang personel.

Saat ini sambung Mexi, jumlah personel yang dimiliki oleh Kantor SAR Natuna dan Pos SAR Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), sebanyak 40 orang personel. Artinya, jumlah tersebut masih sangat kurang layak, untuk Kantor SAR kelas B, yang meliputi dua Kabupaten sekaligus. “40 orang personel itu sudah termasuk Team Rescue Khusus dan Pegawai Administrasi. Itu pun yang 12 orang personel baru direkrut dari pusat, dan bertugas di sini baru sekitar satu minggu,” katanya.

Selanjutnya, Kantor SAR Natuna hanya memiliki 13 orang personel untuk Team Rescue Khusus yang bertugas di lapangan sebagai Tim Pencarian dan Pertolongan. Sementara untuk di Kantor SAR Anambas, hanya ada empat personel. Sisanya hanya bertugas sebagai pegawai administrasi di kantor. “Kita berharap, dengan sarana dan prasarana yang kita miliki saat ini, Basarnas Natuna tetap semangat dan bertugas dengan baik. Ke depan kita ajak rekan media ikut dalam pelatihan rescue ya,” katanya.

sholeh ariyanto

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com