SINDOBatam

Terbaru Metro+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Batam Dapat Jatah 666 Jamaah Calon Haji

  • Reporter:
  • Senin, 3 April 2017 | 13:29
  • Dibaca : 405 kali
Batam Dapat Jatah 666 Jamaah Calon Haji
Kloter pertama Jemaah haji di Bandara Hang Nadim Batam. Foto Agung Dedi Lazuardi.

SEKUPANG – Kota Batam mendapat jatah 666 jemaah calon haji (JCH) dalam kuota haji tahun 2017. Angka tersebut bertambah 314 orang, dari 352 JCH yang berangkat haji tahun lalu karena pemotongan 20 persen jumlah jemaah sejak 2013-2016.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kemenag Batam, Nabhan mengatakan, penambahan kuota berdasarkan putusan yang tertuang dalam surat edaran Menteri Agama Nomor 75 Tahun 2017 tentang Penetapan Kuota Haji Tahun 1438H/2017. Kuota jemaah haji di seluruh Indonesia bertambah, sedangkan untuk Kepri sendiri mendapat jatah 1.295 JCH. “Alhamdulillah, kuota haji Batam tahun ini menjadi 666 JCH,” ujarnya.

Menurut dia, pemotongan jumlah jemaah selama empat tahun terakhir itu dikarenakan perluasan area Masjidil Haram di Mekkah. Pihaknya juga terus mempersiapkan pelaksanaan ibadah haji 2017 yang tinggal beberapa bulan lagi. Tahun ini persiapan paspor JCH asal Batam lebih awal dilakukan agar cepat diselesaikan. “Kami bekerja sama dengan pihak Imigrasi agar dipermudah segala macam urusan,” katanya.

Mantan Kasi Bimas Islam Kemenag Kota Batam itu menambahkan, jika seluruh persiapan telah selesai dan tak ada halangan yang cukup berarti, rencananya keberangkatan kloter pertama Embarkasi Batam akan dilepas pada 27 Juli mendatang. “Insya Allah kalau tak ada kendala, 28 Juli JCH sudah take-off dari Bandara Hang Nadim,” kata Nabhan.

Kepala Seksi Pendaftaran, Dokumen dan Sistem Informasi Haji Kanwil Kemenag Kepri, Alikek Said mengatakan, Kepri mendapatkan kuota haji sebanyak 1.295 orang yang terdiri dari Batam 666 orang, Tanjungpinang 206 orang, Karimun 193 orang, Natuna 72 orang, Lingga 39 orang, Bintan 71 orang, Anambas 39 orang dan petugas daerah sembilan orang.

Sedangkan tahun lalu, Kemenag Kepri mendapatkan kuota sebanyak 795 orang. Di antaranya, Batam 352 orang, Tanjungpinang 163 orang, Karimun 125 orang, Natuna 38 orang, Lingga 51 orang, Bintan 33 orang, dan Anambas 26 orang serta tujuh orang petugas daerah. “Tahun ini Embarkasi Batam akan berangkatkan 27 Kloter (kelompok terbang). Ada penambahan tujuh kloter dibandingkan tahun lalu,” ujarnya.

Kuota haji untuk Kepri, sambungnya, sudah ditetapkan oleh Kementerian Agama melalui Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 75 tahun 2017 dan dipastikan tidak akan berubah lagi. Kemenag Kepri kini tengah mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan penambahan kuota haji, di antaranya menyiapkan dan menambahkan petugas yang akan mengurus jamaah haji serta menghitung anggaran oprasional haji yang juga otomatis bertambah.

“Jadwal sementara secara nasional, jemaah akan mulai masuk asrama pada 27 Juli dan kloter pertama berangkat pada 28 Juli 2017 melalui Bandara Hang Nadim Batam,” katanya.

Alikek mengimbau kepada JCH yang akan menunaikan ibadah haji tahun ini untuk segera melunasi pembayaran, dimulai pada 10 April-5 Mei. Selain itu, Kemenag Kepri juga memberikan kelonggaran bagi JCH yang berumur 75 tahun ke atas, bisa didampingi oleh saudara ketika melaksanakan Ibadah Haji di Mekkah.

“Kami juga terus berkoordinasi dengan Tim Haji dari pemerintah pusat untuk terus berupaya mempersiapkan segalanya demi kelancaran ibadah nantinya,” ujarnya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com