SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Batam Kota Tangani 90 Titik Sampah

  • Reporter:
  • Senin, 27 Maret 2017 | 13:11
  • Dibaca : 639 kali
Batam Kota Tangani 90 Titik Sampah
Sampah yang menumpuk di Legenda Malaka. Foto Agung Dedi Lazuardi.

BATAM KOTA – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menyiapkan 18 unit armada pengangkutan sampah untuk Kecamatan Batam Kota. Hal ini dikarenakan Kecamatan Batam Kota merupakan salah satu kecamatan penghasil sampah terbanyak di Batam.

Kepala Bidang Kebersihan DLH, Fairus Batubara mengatakan, Batam setiap hari menghasilkan 1.141 ton sampah. Dari jumlah tersebut, tiga kecamatan menjadi penghasil sampah terbanyak. “Yang pertama Batam Kota, Lubuk Baja dan Sagulung,” katanya.

Selain itu, jumlah penduduk di tiga kecamatan tersebut tergolong padat. Terlebih Kecamatan Lubuk Baja yang merupakan pusat perekonomian dengan banyaknya pusat perbelanjaan dan pertokoan sehingga menghasilkan sampah dalam jumlah besar setiap harinya. “Kalau Kecamatan Batam Kota dan Sagulung, jumlah penduduknya cukup padat,” ujarnya.

Meskipun jumlah sampah yang dihasilkan setiap hari tergolong banyak, namun penumpukan sampah biasanya terjadi pada Senin hingga Rabu. Penumpukan sampah terjadi dikarenakan armada dan petugas kebersihan yang libur di hari Minggu, sehingga sampah tidak terangkut mengalami penumpukan.

Kendati jumlah sampah yang dihasilkan setiap hari cukup banyak, namun, DLH terbantu dengan adanya bantuan Lembaga Pengelola Sampah (LPS) yang tersebar di beberapa kecamatan. Salah satunya yakni di Kelurahan Belian. LPS bekerja di bawah DKP. “Hanya saja, kami tidak menyediakan petugas dan armada untuk pengangkutan sampah. Mereka yang menyediakan sendiri dan mereka sifatnya membantu. Swadaya masyarakat,” kata Fairus.

Biasanya, LPS ini hanya membantu mengatasi pengangkutan sampah di wilayah masing-masing. LPS juga tidak diperbolehkan mengambil sampah di wilayah lain. Misalnya LPS di perumahan A, tidak boleh mengangkut sampah di perumahan B.

Camat Batam Kota Ashraf Ali mengatakan, masalah sampah menjadi salah satu program prioritas di Kecamatan Batam Kota. Kecamatan Batam Kota memiliki 90 titik pengangkutan sampah dengan jumlah armada yang hanya 18 unit. “Armada yang ada masih kurang. Tapi bagaimana cara kami mengatasinya, agar tidak ada komplain dari warga,” katanya.

Dari seluruh kelurahan yang berada di bawah Kecamatan Batam Kota, Kelurahan Belian merupakan penghasil sampah terbesar. Hal ini dikarenakan jumlah penduduknya yang cukup tinggi. “Belian itu memiliki 54 RW dan 135 RT. Jumlah itu sudah pasti menghasilkan sampah yang besar setiap harinya,” kata Ashraf.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com