SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Batam Optimis Pertahankan Juara MTQ Provinsi

  • Reporter:
  • Jumat, 11 Mei 2018 | 14:13
  • Dibaca : 374 kali
Batam Optimis Pertahankan Juara MTQ Provinsi
Wali Kota Muhammad Rudi menyerahkan piala bergilir kepada Bupati Lingga Alias Wello selaku tuan rumah MTQ VII Provinsi Kepulauan Riau. /Humas Pemko Batam

LINGGA – Kafilah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Kota Batam optimis akan mempertahankan juara umum pada MTQ VII Provinsi Kepulauan Riau. MTQ tingkat Provinsi Kepri tahun 2018 ini digelar di Kabupaten Lingga, 8-14 Mei.

“Kita optimistis pertahankan gelar juara. Dua pertiga peserta Kota Batam merupakan pemenang MTQ tingkat kota lalu dan mereka memiliki nilai kategori nasional,” kata Ketua Kafilah Batam, Sarbaini usai pembukaan MTQ VII Kepri, Selasa (8/5/2018).

Meski begitu, ia tetap berharap bantuan doa dari seluruh masyarakat Kota Batam. Agar para peserta bisa melalui seluruh rangkaian dengan baik dan tampil maksimal.

Menurutnya, Batam mengikuti seluruh cabang dan golongan lomba. Cabang yang dilombakan yakni tilawah yang terdiri dari golongan tartil putra, putri, anak-anak, remaja, dewasa, cacat netra, dan qiraah. Kemudian cabang lomba tahfidz dengan golongan 1 juz dan tilawah, 5 juz dan tilawah, 10 juz, 20 juz, dan 30 juz.

Cabang berikutnya yaitu tafsir Alquran golongan Bahasa Arab, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Cabang fahmil Quran, syarhil Quran, khatil Quran, serta Musabaqah Makalah Alquran (MMQ). Jumlah peserta MTQ Kepri dari kafilah Kota Batam sebanyak 54 orang.

MTQ VII Kepri ini dibuka langsung oleh Gubernur Kepri, Nurdin Basirun. Tema yang diusung yaitu Dengan MTQ VII Kepulauan Riau tahun 2018, Kita Aktualisasikan Nilai-Nilai Al-Qur’an dalam Kehidupan Bermasyarakat Menuju Kehidupan Berbangsa dan Bernegara yang Rukun dan Damai.

Nurdin mengapresiasi antusiasme kabupaten/kota dalam partisipasinya di MTQ. Ia mengatakan sebagai wilayah kepulauan akses menuju satu wilayah ke wilayah lainnya masih sulit. Dengan adanya MTQ ini diharap antar daerah dapat bersinergi membangun negeri Melayu.

“MTQ ini salah satu cara membangun generasi bangsa, kalau anak-anak kita ini kuat agamanya, nanti dewasa tak perlu risau kita akan pembangunan negeri ini, mereka pasti akan jujur, amanah, dan istiqomah,” ujar Nurdin.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com