SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Batam Siap Terapkan E-Tilang

Batam Siap Terapkan E-Tilang
ilustrasi
  • Minimalkan Pelanggaran Lalu Lintas, Pemko Pasang 36 CCTv

BATAM – Sejumlah kota di Indonesia mulai uji coba sistem tilang elektronik (e-tilang) berbasis pemanfaatan teknologi closed circuit television (CCTV) untuk meminimalkan angka pelanggaran lalu lintas yang kian memprihatinkan. Uji coba di sejumlah daerah, sistem ini efektif mendisiplinkan para pengendara. Batam pun siap menerapkannya.

Kota-kota yang telah melakukan sosialisasi maupun uji coba sistem ini antara lain Jakarta, Surabaya, dan Bandung. Dimulai awal pekan lalu, Pemerintah Kota Surabaya mengujicobakan sistem e-tilang yang berbasis CCTV tersebut. Hasilnya, tiap hari ratusan pengendara tertangkap melakukan pelanggaran lalu lintas. Dalam sehari, di satu perempatan, tercatat ada 200 lebih pelanggaran yang terpantau kamera CCTV. Pada lima hari pertama sosialisasi, ada 427–447 kasus pelanggaran tiap harinya. Namun setelah itu, jumlah pelanggaran menurun menjadi 89 kasus tiap 12 jamnya.

Bagaimana dengan Batam? Polresta Barelang siap menerapkan e-tilang berbasis CCTV di Batam. Untuk itu, polisi akan melakukan studi banding ke Surabaya yang sudah lebih dulu menerapkannya.

Kasatlantas Polresta Barelang Kompol I Putu Bayupati mengatakan, program tersebut sangat bagus untuk bisa meningkatkan masyarakat tertib dan disiplin berlalu lintas. Dengan e-tilang berbasis CCTV, juga bisa membuat masyarakat lebih berhati-hati saat berkendara. “Kami bersama Dinas Perhubungan akan berkoordinasi dan melakukan kunjungan ke kota yang telah menerapkan ini untuk melihat teknologi yang mereka gunakan,” ujar Putu.

Selengkapnya baca KORAN SINDO BATAM

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com