SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Batam Tuan Rumah Mid Amateur Open 2019

  • Reporter:
  • Selasa, 15 Oktober 2019 | 13:22
  • Dibaca : 162 kali
Batam Tuan Rumah Mid Amateur Open 2019
Konferensi pers Mid Amateur Open 2019 yang diselenggarakan Padang Golf Sukajadi, kemarin./ahmad romadi

BATAM – Turnamen golf internasional kembali digelar di Batam. Event yang bertajuk Indonesia Mid Amateur Open 2019 diselenggarkaan di Padang Golf Sukajadi selama tiga hari, 15-17 Oktober 2019. Diikuti oleh 40 peserta yang berasal dari beberapa negara tetangga dan Jakarta.

General Manager Padang Golf Sukajadi, Dadi Wiratmo mengatakan turnamen golf tingkat internasional ini yang kelima kalinya diselenggarakan oleh pihaknya. Sebelumnya pada 2010, 2015, 2016 dan 2017.

“Hanya saja memang untuk tahun ini pesertanya hanya 40, menurun jika dibandingkan sebelumnya yang mencapai sekitar 70 peserta. Banyak faktor bisa menurun, salah satunya mungkin bisa juga karena tiket yang mahal,” kata Dadi saat konferensi pers di Padang Golf Sukajadi, Senin (14/10).

Beberapa peserta dari luar negeri di antaranya dari Inggris, Jepang, Singapura, Malaysia dan sejumlah negara lainnya. Dengan turnamen ini diharapkan bisa mendorong perkembangan olahraga golf di Kota Batam. Karena saat ini golf juga sudah menjadi destinasi pariwisata yang menarik minat wisatawan mancanegara.

Untuk turnamen Mid Amateur Open tidak merebutkan hadiah, atau pemenang biasanya hanya diberikan trofi. Namun, pada turnamen kali ini merupakan salah satu turnamen golf tingkat internasional dan dalam kalender Pengurus Besar Persatuan Golf Indonesia 9PB-PGI) tahun 2019 masuk dalam penghitungan world ameteur golf rangking (WAGR).

“Lebih kepada poin yang dicari. Sehingga masuk dalam penghitungan WAGR,” katanya.

Turnamen ini akan berlangsung tiga hari dan terbuka bagi para pegolf amatir pria dengan ketentuan umur 25 sampai 54 tahun. Dengan handicap indeks untuk event A maksimal USGA Handicap Index 12.1 dan event B maksimal USGA Handicap Index 19.1.

“Baik event A maupu B dipertandingkan perorangan dan beregu,” jelasnya.

Event A dilangsungkan selama tiga hari (54 holes) dan bermain dari tee hitam (championship tee). Format pertandingan yang digunakan adalah stroke play gross (scratch) dan peserta harus berjalan kaki selama pertandingan. Sedangkan untuk event B akan dilangsungkan selama dua hari (36 holes).

“Peserta yang berpartisipasi dalam event B ini bermain dari tee biru (reguer) dan format pertandingan untuk event ini menggunakan stroke play net (on handicap),” jelasnya.

Ketua PGI Batam, Suyono mengatakan pihaknya menyambut baik atas terselenggaranya turnamen Indonesia Mid Amateur Open 2019. PGI menurunkan empat atlet dari Batam dan dua diantaranya merupakan atlet yang akan dipersiapkan pada ajang PON mendatang.

Dengan adanya turnamen ini pihaknya juga berharap golf di Batam bisa terus berkembang dengan. Sehingga juga bisa menjadi destinasi pariwisata yang menjadi daya tarik bagi wisatawan khususnya mancanegara.

“Kami dari PGI tentu sangat memberikan apresiasi kepada Padang Golf Sukajadi yang menyelenggarakan event ini,” kata Suyono. ahmad rohmadi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com