SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Bawaslu Cium Politik Uang di Siantan

  • Reporter:
  • Rabu, 6 Maret 2019 | 09:39
  • Dibaca : 234 kali
Bawaslu Cium Politik Uang di Siantan
Bawaslu Anambas menggelar sosialisasi partisipasif pengawas pemilu di Kabupaten Anambas, kemarin. f jhon munthe

ANAMBAS – Bawaslu Kabupaten Kepulauan Anambas mencium adanya aroma money politic atau politik uang di Kecamatan Siantan. Komisioner Bawaslu Kabupaten Anambas Liber Simare-mare mengatakan, informasi tersebut belum akurat karena belum ada bukti yang kuat untuk menjerat pelaku.

“Ada informasi awal yang kita temukan jika salah satu caleg menjanjikan bakal pakaian serta upah jahit Rp1 juta. Namun kita belum memiliki bukti yang kuat tapi informasi awal ini sudah bagus menjadi salah satu topik pengawasan kita,” katanya saat menjadi narasumber sosialisasi partisipasif pengawas pemilu yang dihadiri Pramuka di Kabupaten Anambas, Selasa (5/3).

Ia mengatakan, peserta pemilu diperbolehkan memberikan sesuatu kepada masyarakat seperti brosur, baju dan kalender serta lainnya dengan nominal di bawah Rp1 juta. “Caleg boleh memberikan brosur, pakaian dan alat tulis tapi nilainya jika dinominalkan tidak boleh lebih dari Rp60 ribu. Kalau lebih sudah termasuk kategori pelanggaran pemilu dan sudah bisa diproses sesuai dengan peraturan yang berlaku,” ujarnya.

Liber berharap agar Pramuka dapat menjadi agen dan pengawas pelaksanaan pemilu di lapangan karena selama ini, Pramuka dikenal netral dan berbeda dengan organisasi lainnya. Hal itu dilakukan agar Pramuka turut andil mencipatakan pesta demokrasi yang jujur dan tertib. “Pramuka selama ini masih kental dengan independen. Beda dengan organisasi yang lain, katanya independen namun faktanya sebagian tidak lagi. Bisa dikatakan Pramuka masih murni independen,” ujarnya.

Sementara Ketua Bawaslu Anambas Yopi Susanto menyampaikan, Bawaslu menggandeng Pramuka mulai dari tingkat pusat hingga daerah. Selain Pramuka, pihaknya juga menggandeng masyarakat sebagai pengawas pemilu agar bisa berjalan dengan baik tanpa dicederai oleh ulah segelintir oknum.

“Jika pengawasan ini kita lakukan bersama-sama saya yakin hasilnya pasti maksimal. Kami dari Bawaslu berharap peran serta seluruh masyarakat dalam pengawasan perlu ditingkatkan termasuk Pramuka ini,” katanya. jhon munthe

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com