SINDOBatam

Terbaru Spirit+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Bawaslu Tanjungpinang Siap Jaga Hak Pilih

  • Reporter:
  • Kamis, 18 Oktober 2018 | 12:13
  • Dibaca : 307 kali
Bawaslu Tanjungpinang Siap Jaga Hak Pilih
Ketua Bawaslu Tanjungpinang Muhamad Zaini bersama Ketua dan Panwaslu Kecamatan Tanjungpinang Timur saat meninjau Posko GMHP PPS Pinang Kencana, Rabu (17/10). f ist

PINANG– Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tanjungpinang intens menjaga hak pilih warga agar dapat menunaikan hak politiknya dalam menyukseskan Pemilu 2019. Bawaslu siap menyukseskan Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) posko pengaduan masyarakat yang belum masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT).

“GMHP berakhir 28 Oktober mendatang,” kata Ketua Bawaslu Tanjungpinang Muhamad Zaini saat monitoring pengawasan GMHP di PPS Pinang Kencana bersama rombongan Bawaslu Kepri, dan rombongan KPU di Kantor Kelurahan Pinang Kencana, Tanjungpinang Timur, Rabu (17/10).

Zaini menjelaskan Bawaslu berupaya mencermati daftar pemilih dalam daftar pemilih tetap hasil perbaikan (DPT-HP) agar bersih dari kegandaan. Bawaslu juga mengecek elemen data pemilih yang tidak sesuai, kemudian memasukkan pemilih yang memenuhi syarat agar masuk ke dalam DPT.

“Maka Bawaslu bersama jajarannya turut mengawasi proses penyempurnaan DPT yang dilakukan oleh KPU dan jajarannya,” ujar Zaini.

Pihaknya mengaku, beberapa waktu lalu telah melakukan pencermatan DPT. Ditemukan 238 pemilih ganda dan satu pemilih yang memiliki kesamaan elemen data, nomor NIK dan KK sama. Data tersebut telah diserahkan ke KPU untuk diperbaiki dan sudah ditetapkan dalam DPTHP.

Secara nasional Bawaslu membuka 33.745 posko pengaduan daftar pemilih di seluruh Indonesia. Posko itu untuk mengakomodir warga negara Indonesia yang memenuhi syarat memilih belum terdaftar, pemilih belum rekam e-KTP, rencana pindah domisili, ingin lapor anggota meninggal dan informasi data kependudukan invalid.

“Isu DPT menjadi penting karena berkaitan dengan hak politik warga, dan sangat berkaitan dengan efisiensi logistik pemilu. Ini berkaitan dengan penghematan uang negara,” kata Zaini.

Bawaslu mengimbau kepada seluruh jajaran pengawas, agar memasang tagar #BawasluJagaHakPilih di akun media sosial agar menjadi perhatian semua pihak dan masyarakat sehingga peduli dalam menyelamatkan hak pilih, masyarakat yang belum terdaftar dalam DPT agar segera melapor ke Bawaslu atau KPU.

“Pengawas Pemilu berkomitmen melakukan pengawasan secara terus menerus untuk menjaga hak pilih di seluruh negeri,” tutup Zaini.

muhammad bunga ashab

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com