SINDOBatam

Terbaru Spirit+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

BBM Jenis Solar Langka

  • Reporter:
  • Rabu, 4 September 2019 | 11:54
  • Dibaca : 126 kali
BBM Jenis Solar Langka
ilustrasi

LINGGA – Sejumlah nelayan di wilayah Singkep Selatan, Kabupaten Lingga mengeluhkan sulitnya mendapatkan BBM jenis solar sepekan terakhir. Nelayan berharap pemerintah turun tangan untuk menyelesaikan persoalan ini.

“Kelangkaan BBM jenis solar ini berpengaruh cukup besar kepada ekonomi masyarakatnya yang 80 persen adalah nelayan kejadian ini sudah lama terjadi, namun tidak seperti sepekan terakhir, untuk cari 5 liter saja sulit,” kata Kapala Desa Resang, Hanafi, Selasa (3/9).

Kelangkaan solar juga terjadi di wilayah Pulau Singkep dan sekitarnya, sehingga para nelayan khawatir dengan kondisi tersebut jika tidak ditangani oleh pemerintah dengan cepat, kejadian ini akan terus berlanjut, dan membuat para nelayan tidak dapat melaut.

“Hampir seluruh pompong untuk mencari ikan menggunakan bahan bakar jenis solar. Dan kondisi yang paling berdampak adalah nelayan-nelayan kecil, karena mereka tidak memiliki kemampuan untuk membeli minyak solar dengan stok yang banyak,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Herman, Nelayan Pulau Mas Kecamatan Singkep Barat, ia juga mengeluhkan hal yang sama, keliling mencari minyak solar di 2 Kecamatan, Singkep Barat dan Singkep namun solar tidak ditemukan.

Kasubag Sarana Ekonomi dan SDA Bagian Perekonomian Setdakab Lingga, Zafrinaldi mengatakan, sampai Februari 2019 berdasarkan data BPH Migas untuk minyak solar, lingga hanya ada 7.013 KL sementara untuk kebutuhan sendiri setelah dilakukan pendataan per kelurahan dan desa mencapai 16. 231 KL per tahun.

“Memang hal ini terus kita pantau bahkan pemerintah daerah sudah menyampaikan hal ini ke BPH Migas kekurangan solar untuk Kabupaten Lingga,” ujarnya.

jamariken tambunan

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com