SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Bea Cukai Bantah Isi Kontainer Limbah Plastik Berkurang

  • Reporter:
  • Kamis, 25 Juli 2019 | 12:44
  • Dibaca : 133 kali
Bea Cukai Bantah Isi Kontainer Limbah Plastik Berkurang
Ilustrasi. /DOK SINDO BATAM

BATUAMPAR – Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai (KPU BC) Tipe B Batam membantah isu terkait isi kontainer limbah plastik berkurang saat kunjungan kerja (kunker) anggota Komisi III DPR RI di Pelabuhan Batuampar, Selasa (23/7).

Kepala Bimbingan Kepatuhan Layanan Informasi (BKLI) Bea Cukai Batam, Sumarna mengatakan, selama pemeriksaan sampai dengan saat ini, Bea Cukai Batam terus berkoordinasi dengan instansi terkait, termasuk Polda Kepri untuk pendampingan.

“Pada saat kondisi terakhir pada saat kontainer dibuka untuk disaksikan oleh anggota Komisi III DPR-RI adalah sama dengan kondisi kontainer pada saat pertama kali dibuka dan disaksikan beberapa instansi pada saat pemeriksaan bersama,” jelasnya, Rabu (24/7).

Lanjut Sumarna, sebelum dibuka dan ditutup, petugas Bea Cukai terlebih dahulu mengambil foto terhadap kontainer, dan pengambilan barang contoh dilakukan oleh petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam.

“Setelah itu kami melakukan penyegelan kembali kepada kontainer yang sudah dibuka,” ungkap Sumarna.

Sumarna menuturkan, setelah itu, berita acara pemeriksaan juga dilakukan bersama dan ditanda tangani oleh seluruh pejabat dari instansi yang melakukan pemeriksaan.

“Kami juga ada dokumentasi foto-fotonya, mulai dari datangnya kontainer, pemeriksaan, dan melakukan uji lab, semua ada dokumennya,” katanya.

Menurut dia, saat anggota Komisi III DPR RI mengecek kontainer limbah plastik, Bea Cukai terlebih dahulu melakukan pengecekan keutuhan segel pelayaran, dan dilanjutkan dengan pembukaan segel pelayaran dengan disaksikan pemilik barang atau perwakilannya.

“Semua melalui prosedur, tidak ada namanya membuka barang bukti secara diam-diam,” katanya.

Bea Cukai Batam menyampaikan apresiasi dan terima kasih setinggi-tingginya kepada Komisi III DPR RI yang telah memberikan atensi terhadap permasalahan plastik scrap di Batam. “Kunjungan anggota DPR RI ke Batam sangat kami apresiasi, bahwa kasus ini harus benar-benar ditindaklanjuti,” kata Sumarna. romi kurniawan

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com