SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Beli Tiket Wajib Tunjukkan Identitas, Pelayanan Pelabuhan Domestik Sama dengan Internasional

  • Reporter:
  • Rabu, 10 Oktober 2018 | 16:14
  • Dibaca : 108 kali
Beli Tiket Wajib Tunjukkan Identitas, Pelayanan Pelabuhan Domestik Sama dengan Internasional
Aktivitas penumpang di Pelabuhan Domestik Sekupang, kemarin. Penumpang nantinya akan diminta menunjukkan identitas saat membeli tiket. f teguh prihatna

SEKUPANG – Badan Pengusahaan (BP) Batam berjanji akan terus berupaya meningkatkan pelayanan di beberapa pelabuhan domestik yang dikelola oleh Kantor Pelabuhan Laut (Kanpel) BP Batam. Ke depan standar pelayanan di pelabuhan penumpang antar daerah akan distandarkan seperti halnya pelabuhan internasional.

Kepala Bidang Komersil Kantor Pelabuhan BP Batam, Djohan Effendy mengatakan, saat ini pihaknya tengah menata area parkir pelabuhan, baik itu di Pelabuhan Telagapunggur maupun Pelabuhan Sekupang. Sehingga nantinya area parkir di pelabuhan bisa lebih nyaman dan aman. Pihaknya belum bisa memastikan apakah nantinya akan menggandeng swasta atau mengelola sendiri.

“Itu masih kami bahas bersama dengan pimpinan. Kalau memungkinkan untuk kami kelola sendiri ya nanti kami kelola,” ujarnya, Selasa (9/10).

Kemudian perbaikan lainnya adalah standar dan tata cara pembelian tiket feri. Djohan mengatakan, setiap penumpang yang akan membeli tiket nantinya diwajibkan menunjukan identitas. Sehingga manifes penumpang di kapal feri akan bisa terdata dengan baik. Hal ini dinilai sangat penting karena berkaitan dengan keamanan masyarakat pengguna jasa pelabuhan.

Dengan penerapan standar tersebut diharapkan masyarakat bisa lebih nyaman, karena tidak ada lagi pembelian tiket yang dilakukan di dalam kapal. Namun perbaikan-perbaikan tersebut akan dilakukan secara bertahap, termasuk juga rencana perbaikan dermaga di Pelabuhan Telagapunggur yang dinilai sudah waktunya untuk direvitalisasi.

“Kami sedang berupaya bagaimana pelayanan di pelabuhan domestik ini sama dengan pelabuhan internasional. Jadi saat membeli tiket dan masuk kapal kan wajib menunjukan identitasnya,” katanya.

Sebelumnya Kanpel BP Batam juga sudah menerapkan Boarding Management System (BMS) di Pelabuhan Domestik Sekupang dan Telagapunggur. Di mana biaya boarding pass atau seaport tax penumpang akan dimasukan dalam harga tiket. Dengan penerapan sistem ini diharapkan dapat mempermudah dan meningkatkan kenyamanan penumpang.

“Tarifnya tetap Rp10 ribu, tapi akan include saat pembelian tiket. Jadi penumpang tak perlu lagi datang ke konter untuk membayar seaport tax,” kata Djohan.

Upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat akan terus dilakukan, karena itu BP Batam membuat terobosan-terobasan baru untuk membuat penumpang nyaman. Dengan penerapan BMS aturan pelayaran juga lebih terjamin. Sebab, data penumpang yang membeli tiket kapal akan terhubung langsung dengan sistem komputerisasi.

Setiap penumpang yang membeli tiket kapal feri akan diwajibkan mengisi data pribadi, seperti nama dan jenis kelamin. Dengan demikian pengelola kapal bisa memantau jumlah penumpangnya secara real time, saat itu juga. Meskipun tidak sedetail yang diterapkan di pesawat terbang, tapi cara ini diyakini sudah lebih baik jika dibandingkan sebelumnya penumpang kurang terdata dengan baik.

“Di samping itu, sistem ini juga memudahkan dari sisi pembayaran ke BP Batam untuk PNPB (Penerimaan Negara Bukan Pajak),” jelasnya. ahmad rohmadi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com