SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Belibak Jadi Desa Wisata, Investasi Masa Depan Anambas

  • Reporter:
  • Kamis, 16 Agustus 2018 | 14:30
  • Dibaca : 165 kali
Belibak Jadi Desa Wisata, Investasi Masa Depan Anambas

ANAMBAS – Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris menetapkan Desa Belibak, Kecamatan Palmatak sebagai Desa Wisata, Rabu (15/8/2018). Ia berharap desa wisata mampu meningkatkan potensi pariwisata di Anambas, menjadi lapangan kerja, dan menjadi potensi pendapatan desa.

Desa Wisata Belibak dikembangkan oleh Medco E&P Natuna Ltd bekerja sama dengan Yayasan Umar Kayam. Program pengembangan desa wisata berbasis masyarakat ini dimulai dengan pembentukan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di tingkat desa yang dilanjutkan dengan peningkatan kapasitas masyarakat melalui pelatihan dan pendampingan secara rutin. Pelatihan itu untuk pengelolaan homestay, manajemen desa wisata dan usaha pengelolaannya, serta tour guide untuk wisata bahari dan budaya. Dalam acara tersebut, Bupati Anambas langsung mengukuhkan Pokdarwis Desa Wisata Belibak.

Di desa ini sudah ada empat unit homestay telah siap untuk beroperasi, bahkan satu unit di antaranya sudah direnovasi secara khusus untuk menjadi homestay percontohan di Anambas. Desa Wisata Belibak juga telah memiliki kelompok seni pertunjukan sebagai atraksi wisata yaitu Kompang, Tari Sekapursirih, dan Tari Gasing. Medco E&P Natuna Ltd bersama Yayasan Umar Kayam dan Pokdarwis juga melakukan kerja sama dengan perusahaan jasa wisata di Jakarta untuk promosi wisata dan pembukaan paket perjalanan wisata. Promosi ini telah berhasil menghadirkan 32 wisatawan domestik dan 4 wisatawan mancanegara.
“Peresmian desa wisata hari ini merupakan investasi masa depan bagi Desa Belibak dan Anambas. Hadirnya desa wisata akan memberikan kontribusi positif bagi ekonomi masyarakat Desa Belibak khususnya, dan Anambas secara keseluruhan,” kata Bupati.

Manager Relations & Security Medco E&P Natuna Ltd Drajat Panjawi meminta dukungan kepada semua pihak agar ke depan secara keseluruhan pengelolaan desa wisata ini makin baik.

“Kami berharap dukungan perusahaan pada pengemasan yang menarik, infrastruktur, dan atraksi wisata dapat menjadi kekuatan Desa Wisata Belibak untuk menarik wisatawan lokal dan mancanegara, dan ke depannya Pokdarwis akan mencapai sukses dalam mengelola desa wisata ini,” ujarnya.

jhon munthe

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com