SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Belum Ada Parpol Daftarkan Bacaleg di Hari Pertama

  • Reporter:
  • Kamis, 5 Juli 2018 | 10:06
  • Dibaca : 107 kali
Belum Ada Parpol Daftarkan Bacaleg di Hari Pertama
Ilustrasi. /Infografis KORAN SINDO

KARIMUN – Pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) di Kantor KPU Kabupaten Karimun pada hari pertama pendaftaran, Rabu (4/7/2018) masih sepi. Partai politik (parpol) belum terlihat mengajukan bacaleg mereka yang akan bersaing dalam Pemilu 2019 mendatang.

Ketua KPU Kabupaten Karimun Eko Purwandoko mengatakan, pada hari pertama dibuka pendaftaran belum ada partai politik yang datang ke KPU Karimun untuk menyerahkan berkas pengajuan bakal calon. Meski belum ada partai politik yang datang, pihaknya bersama Panwaslu Karimun tetap siaga di lokasi penyerahan berkas.

“Hari pertama biasanya memang sepi, tetapi orang kami tetap siaga di lokasi menunggu parpol menyerahkan berkas pengajuan,” ujarnya.

Menurut dia, pada awal pendaftaran biasanya partai politik sedang mempersiapkan kelengkapan dokumen- dokumen pengajuan bakal calon legislatif. Pengajuan biasanya akan mulai ramai pada pertengahan masa pengajuan. “Pada awal ini masih melengkapi persyaratan. Pertengahan nanti sudah mulai ramai,” katanya.

Dalam berkas pengajuan bakal calon legislatif oleh parpol, terdapat persyaratan yang harus dipenuhi oleh bacaleh, seperti melampirkan ke surat keterangan kesehatan, bebas narkoba dan sehat kejiwaan. Untuk melengkapi persyaratan itu, para bacaleg saat ini sudah mulai terlihat mengurus sejumlah dokumen untuk melengkapi persyaratan mereka.

Salah seorang bacaleg, Yusriana Susanti menyampaikan, tidak ada persiapan khusus untuk menghadapi tes kesehatan. Dalam prosesnya, ia hanya sedikit terkendala waktu dalam tes kejiwaan atau Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI) yang memiliki soal tertulis hingga 500 poin.

“Tak ada persiapan khusus. Untuk kesehatan saya sudah terbiasa berolahraga. Untuk tes urine tak pakai narkoba. Hanya tadi yang lama tes tertulis kejiwaan,” katanya.

Senada disampaikan bacaleg lainnya, Boy Zulfikar, usai menjalani tes di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Muhammad Sani Kabupaten. Ia mengaku menyerahkan semua keputusan hasil tes kepada partai. “Yang pasti ikut saja. Kalau sakit dan memang dimundurkan partai ya ikut saja,” kata Boy.

Berdasarkan data dari RSUD Muhammad Sani Kabupaten Karimun, manajemen rumah sakit saat ini telah menerima pengajuan tes kesehatan dari 576 bacaleg dan telah melakukan tes terhadap 200 lebih bacaleg.

Kepala Bagian Informasi RSUD Muhammad Sani Kabupaten Karimun, Zulhan mengatakan, untuk waktu tes kesehatan dijadwalkan berlangsung hingga 17 Juli, namun jadwal dapat diperpanjang hingga akhir Juli. “Untuk jumlah pastinya kami belum tahu karena saat ini masih ada yang tes. Tapi mungkin sudah setengah dari totalnya,” kata Zulhan.

ricky robiansyah

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com