SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Bendungan Teluk Buton Natuna Mangkrak

Bendungan Teluk Buton Natuna Mangkrak

NATUNA – Bendungan Desa Teluk Buton, Natuna, belum berfungsi meski sudah selesai dibangun sejak tahun lalu. Bendungan kondisinya gersang dan belum dipasang jaringan pipa.

Kepala Dusun Desa Teluk Buton Bujang Abas mengatakan bendungan belum dimanfaatkan untuk kesejahteraan warga sekitar. Proyek dibiarkan begitu saja tanpa tindak lanjut dari pemerintah.

“Enggak tahu buat apa. Katanya buat suplai air bersih tapi sampai sekarang tidak jelas,” ujar Bujang, kemarin.

Bendungan berdiri di atas lahan seluas 1,5 hektare dan berlokasi di ujung desa di perbatasan Desa Kelarik. Proyek ini selesai tahun lalu dengan kucuran dana alokasi khusus sekitar Rp5 miliar. Anggaran dieksekusi pemerintah daerah.

Bendungan sesuai rencana untuk menampung air kemudian disalurkan ke rumah-rumah warga di samping menopang proyek strategis pemerintah di kawasan ini. Menurut informasi, proyek pelabuhan, basis logistik migas dan fasilitas TNI akan dibangun di Teluk Buton.

Dalam perjalanannya, warga justru menunggu bendungan dioperasikan sebab seharusnya proyek tersebut dioperasikan pada awal tahun. Selama ini, sebut Abas, warga mengandalkan air sumur untuk aktivitas sehari-hari.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com