SINDOBatam

Terbaru Spirit+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Berantas Nyamuk Pembawa DBD, Puskesmas Tebing Sebar 50 Kg Abate

  • Reporter:
  • Jumat, 6 Juli 2018 | 11:41
  • Dibaca : 186 kali
Berantas Nyamuk Pembawa DBD, Puskesmas Tebing Sebar 50 Kg Abate
Kapolsek Tebing AKP Budi Hartono menaburkan bubuk abate ke dalam drum salah satu rumah warga di Alor Jongkong, Kelurahan Harjosari, Kecamatan Tebing, kemarin. f ricky robiansyah

KARIMUN – Puskesmas Tebing menyiapkan 50 kilogram (kg) bubuk abate untuk dibagikan kepada warga untuk memberantas nyamuk pembawa penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kecamatan Tebing. Bubuk abate ini akan disebar ke kelurahan dan desa di Kecamatan Tebing secara gratis.

Sebanyak 500 bungkus abate telah dibagikan kepada warga wilayah Alor Jongkong, Kelurahan Harjosari, Kecamatan Tebing dalam rangka Gerakan Bersama Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dan Abatesasi di Kecamatan Tebing, Kamis (5/7/2018).

Kepala Puskesmas Tebing M Aristo Wibowo mengatakan, penyerahan bubuk abate kepada masyarakat merupakan instruksi dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karimun. Hal ini mengingat beberapa bulan belakangan ini intensitas hujan cukup tinggi, sehingga berpotensi berkembang biaknya nyamuk DBD sangat besar.

“Memang saat ini masih terbilang kecil kasus DBD di Kecamatan Tebing, ada 11 kasus sejak Januari hingga Juni. Tapi dari kasusnya sedikit ini lah perlu kami tangani agar tidak menjadi besar,” ujarnya.

Menurut dia, dari 11 kasus DBD di wilayah Kecamatan Tebing, Kelurahan Harjosari dinilai lokasi paling banyak dengan empat kasus DBD, kemudian tiga kasus di Kelurahan Kavling, tiga kasus di Kelurahan Teluk Uma dan satu kasus di Kelurahan Pamak.

“Setelah dari sini (Alor Jongkong) akan kami sebar semua bubuk abate ke seluruh kelurahan dan desa,” kata Bowo.

Camat Tebing Agung Jati Kusuma mengaku memang perlu diadakan abatesasi di wilayah Kecamatan Tebing, mengingat tahun 2017 lalu kasus DBD di wilayah kerjanya memakan korban meninggal dunia.

“Ini salah satu antisipasi agar tidak ada lagi korban DBD, jangan sampai ada lagi yang meninggal dunia. Rencananya setelah penyerahan serbuk abate ini kami gelar gotong royong dengan membersihkan lingkungan,” katanya.

Kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan tim dari unsur pimpinan kecamatan ke rumah Suriyanti, warga di Alur Jongkong RT 01 RW 04 Alur, Kelurahan Harjosari yang terkena DBD pada akhir April lalu. Tim pun langsung menyerahkan abate kepada keluarga tersebut dan menaburkan ke beberapa drum penampung air di rumah-rumah tetangga Suriyanti.

Hadir dalam kesempatan ini Kapolsek Tebing AKP Budi Hartono, serta para lurah dan kades di wilayah Kecamatan Tebing. Mereka ikut turun menyebarkan bubuk abate ke warga dan memberikan pesan untuk menaburkan abate di rumah mencegah berkembangnya DBD. ricky robiansyah

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com