SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Beras Premium Termahal Rp13.300/Kg

Beras Premium Termahal Rp13.300/Kg
Pasokan beras jelang Ramadan lalu. / TEGUH PRIHATNA

JAKARTA – Pemerintah mulai memberlakukan harga eceran tertinggi (HET) beras medium dan premium di delapan wilayah Indonesia per 1 September ini. HET berkisar Rp9.450-10.250 per kg untuk beras medium dan Rp12.800-13.600 per kg untuk beras premium. Di Kepri, harga beras premium tertinggi Rp13.300 per kg.

Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengatakan, penetapan HET merupakan upaya menjaga daya beli masyarakat. Dia menegaskan, dengan inflasi yang rendah, daya beli masyarakat pun terjamin. Di lain pihak, petani tidak boleh dirugikan. Jika tidak diatur HET-nya, harga beras dikhawatirkan akan bergulir liar bahkan bisa dijadikan komoditas politik.

“Presiden perintahkan jaga daya beli masyarakat, kesejahteraan masyarakat. Kita lihat nilai tukar petani juga meningkat,” katanya di sela-sela acara The International Conference and Call for Paper 2017 di Jakarta, kemarin.

Meski kebijakan HET beras efektif per 1 September 2017, Mendag menegaskan bahwa pemerintah akan memantau penerapannya hingga setidaknya seminggu. Menurut dia, saat ini masih masa transisi sehingga pemerintah bersama Satgas Pangan masih melakukan upaya persuasi. Namun, ke depan akan diterapkan sanksi bagi yang tidak patuh.

Selengkapnya baca KORAN SINDO BATAM

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com