SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Berebut Peluang Bisnis Antariksa

Berebut Peluang Bisnis Antariksa
Infografis KORAN SINDO. /MASYHUDI

NEW YORK – Antariksa bakal menjadi ladang investasi menjanjikan di masa depan. Walaupun penuh dengan risiko, para miliarder dunia tidak ragu sedikit pun untuk menggelontorkan uang mereka demi bisnis antariksa.

Mereka berebut “masa depan” bisnis antariksa seperti bisnis wisata luar angkasa, transportasi luar angkasa, peranti luar angkasa, teknologi satelit hingga pertambangan asteroid. Para miliarder dimaksud bukan hanya Elon Musk atau Jeff Bezos seperti selama ini dikenal publik dunia. Sedikitnya sudah ada 16 miliarder dari 500 orang terkaya sedunia yang memiliki investasi di bidang industri antariksa.

Fakta ini terungkap berdasarkan data yang dikompilasi Bloomberg Billionaires Index dan firma konsultan Bryce Space & Technology. Jumlah kekayaan bersih 16 miliarder tersebut mencapai USD513 miliar. Nama-nama miliarder yang ikut berlomba mendanai industri antariksa antara lain pengusaha kasino Sheldon Adelson yang mendukung misi ke bulan, pengusaha bank dan ritel asal Meksiko Ricardo Salina yang mengembangkan jaringan satelit OneWeb.

Pendiri Microsoft Paul Allen juga mencoba menjadi astropreneur dengan mendesain pesawat terbesar yang digunakan untuk meluncurkan satelit dan pesawat antariksa. Allen berani berinvestasi besar karena dia telah berpikir ulang dan me lihat prospek dan masa depan industri antariksa. Kemudian Richard Branson yang memiliki Virgin Galactic menghabiskan lebih dari USD600 juta untuk membantu penerbangan antariksa penumpang kesuborbit pada akhir 2018.

Selengkapnya baca KORAN SINDO BATAM

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com