SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Berkunjung ke Kantor KORAN SINDO BATAM, Mahasiswa Singapura Datang Belajar Bahasa Indonesia

  • Reporter:
  • Rabu, 26 September 2018 | 08:37
  • Dibaca : 671 kali
Berkunjung ke Kantor KORAN SINDO BATAM, Mahasiswa Singapura Datang Belajar Bahasa Indonesia
Rombongan mahasiswa NUS berkunjung ke Kantor KORAN SINDO BATAM untuk studi banding belajar bahasa Indonesia, Selasa (25/9). f teguh prihatna

BATUAMPAR – Rombongan mahasiswa dari National University of Singapore (NUS) berkunjung ke Kantor KORAN SINDO BATAM, Tanjungsengkuang, Batuampar, Selasa (25/9/2018). Dosen pendamping NUS, Indrianti mengatakan, 39 mahasiswa NUS ini datang ke Batam dan Bintan karena ada proyek studi banding untuk berlatih bahasa Indonesia. Kedatangan ke Batam untuk belajar bahasa Indonesia dengan mengunjungi Kantor KORAN SINDO BATAM.

“Saya berterima kasih kepada KORAN SINDO BATAM yang telah menyambut kami,” ujarnya.

Nantinya, setelah kunjungan ini para mahasiswa membuat laporan dalam bahasa Indonesia. Untuk program bahasa indonesia UNS ada 300 mahasiswa per semester. Sedangkan yang ikut berkunjung ke KORAN SINDO BATAM ada 39 mahasiswa.

Ia menyampaikan, mahasiswa yang mengambil bahasa Indonesia sebagai mata kuliah pilihan. Bagi mahasiswa dari program kajian Asia Tenggara atau global Study, mahasiswa diwajibkan mengambil salah satu bahasa asing sampai level 4. Sedangkan yang lainnya hanya mata kuliah pilihan.

Studi banding ini dilaksanakan dua kali dalam setahun dengan mengunjungi tempat yang berbeda-beda. Program bahasa Indonesia ada di bawah Centre for Language Studies (CLS). CLS menawarkan 13 bahasa asing untuk di pelajari mahasiswa, salah satunya bahasa Indonesia.

Wakil Redaktur II KORAN SINDO BATAM, Abdul Hamid menjelaskan kepada mahasiswa NUS tentang KORAN SINDO BATAM yang sudah memasuki tahun ke-5 menyajikan berita di Kota Batam. Dengan terbit 20 halaman setiap hari dan semua halaman bewarna. Selain itu juga mempunyai media online, yakni sindobatam.com.

“Kami punya dua sesi halaman. Bagi yang suka sepak bola kami juga ada halamannya. Ada halaman politik, Pemilu 2019, halaman beauty, promo dan banyak lagi,” ujarnya.

KORAN SINDO BATAM juga menyediakan halaman yang diperuntukkan bagi penulis umum, seperti mahasiswa, traveler dan sebagainya untuk menulis halaman pelesir.

Ia menyebutkan, ada 11 etika jurnalistik tentang menulis berita. Kejahatan seksual tidak boleh ditampilkan di koran. Tak hanya di Batam, KORAN SINDO BATAM juga memberitakan seluruh wilayah Kepri seperti Tanjungpinang, Lingga, Karimun, Natuna, dan Anambas.

Selain itu, seorang jurnalis berbeda karyawan lainnya yang bekerja 24 jam, dalam arti siap bekerja ketika ada kejadian seperti peristiwa kebakaran seorang jurnalis harus siap meliput peristiwa tersebut.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com