SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Bersama Mencegah Kebakaran Hutan dan Lahan

  • Reporter:
  • Senin, 19 Agustus 2019 | 18:43
  • Dibaca : 117 kali
Bersama Mencegah Kebakaran Hutan dan Lahan

NATUNA – Kapolres Natuna AKBP Nugroho Dwi Karyanto dalam apel Kesiagaan Pencegahan dan Penanggulangan Karhutla di Mapolres Natuna, Senin (19/8) pagi, mengatakan, Karhutla adalah salah satu masalah utama yang tidak bisa dipisahkan dari hutan Indonesia. Untuk itu seluruh elemen ikut bertanggung jawab dalam pengawasan lingkungan sekitar agar tidak terjadi kebakaran hutan secara massal.

“Dampak dari Karhutla sudah jelas, yakni munculnya kabut asap, suhu udara menjadi panas, hutan menjadi gersang, seluruh makhluk hidup sudah pasti terganggu,” ujar Kapolres Nugroho.

Setiap tahun kata Kapolres, kebaran hutan dan lahan terjadi disebabkan oleh beberapa faktor yaitu faktor manusia baik sengaja atau tidak disengaja, serta faktor alam yang diakibatkan oleh kemarau panjang.

“Untuk itu perlu adanya pendekatan agar masyarakat dapat menyadari pentingnya menjaga kelestarian hutan dengan tidak membakarnya,” ajak Kapolres.

Upaya penanganan Karhutla, tambah Kapolres, menjadi tanggung jawab Pemerintah serta dukungan dan peran aktif dari masyarakat. Jika Pemerintah dan segenap elemen masyarakat bersinergi maka penanganan kebakaran hutan di Natuna bisa diatasi dengan baik.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Nugroho juga menyampaikan atensi dari Presiden RI Joko Widodo kepada peserta rakornas Karhutla 2019 di Istana Negara. Pertama, memprioritaskan pencegahan kebakaran melalui patroli dan deteksi dini. Kedua, penataan ekosistem gambut agar gambut tetap basah dan buat embung tahan kemarau yang tidak mengering saat kemarau. Ketiga, segera mungkin padamkan bila ada api dan lakukan pemadaman sebelum api menjadi besar.

“Keempat, langkah penegakkan hukum yang sudah baik terus ditingkatkan serta konsisten sehingga memberi efek jera kepada pelaku pembakaran,” tegas Kapolres.

sholeh ariyanto

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com