SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Bertemu Onggy Hianata, Inspirator Film Terbang Menembus Langit

  • Reporter:
  • Rabu, 9 Mei 2018 | 09:28
  • Dibaca : 189 kali
Bertemu Onggy Hianata, Inspirator Film Terbang Menembus Langit
Pemimpin Umum KORAN SINDO BATAM Yohannes (tengah) dan istri bersama Onggy Hianata, Inspirator Film Terbang Menembus Langit. /AGUNG DEDI LAZUARDI

Jatuh Bangun dalam Bisnis, Kisah Hidupnya Menginspirasi Banyak Orang

Onggy Hianata, pengusaha sukses yang menginspirasi lahirnya film Terbang Menembus Langit berada di Batam, Senin (7/5). Jatuh bangun dalam bisnis, dia berbagi kisah hidupnya di sekolah-sekolah dan kampus.

Reni Hikmalia, Batam

Onggy Hianata yang kini berumur 56 tahun memang tak seganteng aktor Dion Wiyoko, yang memerankan Onggy muda di film Terbang Menembus Langit. Namun bila kita bertemu dia, melihat cara dia berbicara dan memotivasi orang lain, akan terlihat bagaimana keras kisah hidupnya di masa lalu.

Lahir dari keluarga Tionghoa sebagai anak ke-8 dari sembilan bersaudara, Onggy sudah merasakan kepedihan hidup sejak kecil. Ia harus berbagi makan dan berbagi tempat tidur dengan saudara-saudaranya.

Namun kehidupannya yang miskin tak membuat dirinya putus asa. Ia punya mimpi menjadi orang sukses. Ditinggalkannya Tarakan, kampung halamannya. Di Surabaya dia kuliah sambil bekerja. Beberapa kali gagal dalam bisnis, tapi terus berusaha. Bangun bisnis baru, gagal lagi.

Sebelum akhirnya menjadi orang sukses, hidup Onggy berdarah-darah. Dia akhirnya sadar bahwa manusia tak bisa hanya mengandalkan kekuatan sendiri. Doa dan usaha harus dipadukan.

Kisah inilah yang dia ceritakan dalam acara Meet and Greet with Onggy Hianata yang dihadiri ratusan orang, Senin (7/5) malam di De’Patros Cafe di Kompleks Harbour Bay, Batuampar. “Berjualan apel, jatuh bangun. Waktu saya bersama istri saya yang sedang hamil, pernah menginap di sebuah kamar kos tanpa uang sepeser pun. Waktu itu, saya pasrah pada Tuhan,” ujarnya.

Dalam acara Meet and Greet Onggy Hianata pagi harinya di Sekolah Yos Sudarso Batam Centre, kisah hidup Onggy juga memukau ribuan siswa yang hadir di sana. Para siswa pun antusias bertemu langsung dengan tokoh yang menjadi inspirator lahirnya film Terbang Menembus Langit yang sudah mereka tonton.

Apalagi, Onggy menceritakan kisah hidupnya dengan menggebu-gebu. Para siswa seolah diajak menyelami bagaimana kesuksesan harus dibangun dari bermimpi, dan bekerja keras untuk mewujudkannya. Dan yang penting, kita tak boleh berputus asa.

Merry Mulyadi, panitia yang sudah mengajak 3.800 orang untuk menonton film Terbang Menembus Langit mengaku mendatangkan Onggy, agar warga Batam bisa bertemu langsung inspirator film tersebut. Ada empat SMP yang mengikuti acara tersebut. 700 anak dari SMP Yos Sudarso, 180 anak dari Sekolah Misi Bangsa, 200 anak SMA Yos Sudarso, 60 anak dari SMPN 34, 30 anak dari Pelita Harapan, dan 10 anak dari Sekolah Globe.

“Totalnya diikuti 1.200 anak,” sebutnya.

Panitia lainnya, Princip mengatakan film Terbang Menembus Langit yang berkisah soal perjuangan hidup seseorang hingga menjadi orang sukses sangat bagus ditonton semua usia. Film ini berguna sebagai penyemangat hidup.

“Sebagai penonton dan panitia, ceritanya sedemikian bagus dan berguna bagi saya sebagai ibu anak ABG yang saat ini untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan sangat gampang. Dengan adanya film ini, anak-anak itu akan belajar bahwa untuk mendapatkan sesuatu harus berjuang demi kesuksesan,” katanya.

Onggy tak hanya memberi motivasi hidup agar sukses, tapi juga mengajak semua orang Indonesia untuk mencintai negara ini dengan tanpa membedakan agama, ras dan suku.

Pemimpin Umum KORAN SINDO BATAM Yohannes merasa sangat terkesan dan beruntung bertemu tokoh seperti Onggy Hianata. Ia mengatakan film Terbang Menembus Langit yang terinspirasi dari kisah hidup Onggy menyampaikan pesan tentang sebuah prinsip hidup.

“Penayangan film ini begitu banyak yang menyaksikan mulai dari sekolah, panti asuhan. Dan tak kalah pentingnya memberi kesempatan 3.800 orang menonton film ini,” katanya.

Ia juga menyampaikan salut kepada relawan Senang Ajak Orang Senang (SAOS) yang sudah mengajak ribuan warga Batam menonton film yang sangat menginspiratif tersebut.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com