SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Besi Curian Diangkut Pakai Becak

  • Reporter:
  • Selasa, 6 Februari 2018 | 14:04
  • Dibaca : 386 kali
Besi Curian Diangkut Pakai Becak
ilustrasi

BATAM KOTA – Saputra Sitorus divonis 14 bulan penjara, karena mencuri besi proyek dan dijual ke pedagang besi tua seharga Rp700 ribu. Aksi itu dilakukan pagi hari, pukul 05.00 di lokasi proyek pembangunan apartemen di Batam Centre. Besi-besi curian diangkut menggunakan becak motor.

Majelis hakim Mangapul Manalu, Martha Napitupulu, dan Taufik Nainggolan menyatakan, terdakwa terbukti bersalah melanggar pasal 363 ayat (2) KUHP sebagaimana dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Zia Ul Fattah. Yakni tindak pidana mengambil suatu barang yang seluruhnya atau sebagian kepunyaan orang lain, dengan maksud untuk dimiliki secara melawan hukum dalam sebuah rumah atau pekarangan tertutup yang ada rumahnya

“Menyatakan terdakwa terbukti melakukan sesuatu yang tidak diketahui atau bertentangan dengan kehendak yang berhak,” kata Hakim Mangapul.

Putusan ini lebih ringan dari tuntutan JPU Zia dengan hukuman satu tahun dan enam bulan penjara. JPU Zia berpendapat bahwa segala unsur dalam dakwaannya telah terbukti berdasarkan keterangan saksi-saksi dan juga barang bukti yang dihadirkan ke persidangan.

Putusan tersebut diterima terdakwa. Demikian juga JPU Samuel Pangaribuan yang menggantikan JPU Zia mengaku menerima putusan meski lebih ringan empat bulan dari tuntutan.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com