SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

BI Kumpulkan Ratusan Ulama Bantu Jaga Inflasi

  • Reporter:
  • Jumat, 4 Mei 2018 | 15:52
  • Dibaca : 111 kali
BI Kumpulkan Ratusan Ulama Bantu Jaga Inflasi

BANDUNG –Bank Indonesia (BI) mengumpulkan sekitar 500 ulama, pimpinan ormas, dan pondok pesantren untuk ikut membantu menjaga stabilitas inflasi di Jawa Barat jelang bulan suci puasa dan Lebaran.

Kepala Perwakilan BI Provinsi Jawa Barat Doni P Joewono menga takan, ulama mempunyai peran mengingatkan masyarakat agar mengalokasikan pengeluarannya dengan lebih bijak atau bijak belanja. Bukan hanya itu, ulama juga diharapkan bisa melakukan hal yang sama kepada para pedagang agar menjual barang secara jujur.

Salah satunya hanya menjual barang yang masih la yak dijual serta tidak me nim bun dan mempermainkan har ga yang meng akibatkan gejolak harga. “Kami tahu, inflasi Jabar ter masuk paling tinggi. Sampai Ma ret sudah di atas 1,49%. Jelang Lebaran ini, kami waspadai ja ngan sampai di atas 0,5%.

Karena biasanya, bulan puasa bisa men capai 0,64%. Jabar sendiri nor malnya 0,2%. Jadi, kita ha rus upayakan de – ngan segala ma cam cara agar harga stabil,” kata Doni pada acara silatu rah mi ulama di Kantor Perwakilan BI Jabar, Bandung, kemarin.

Menurut dia, kendati pasokan untuk Jabar saat Ra ma dan dipastikan aman, tapi pihaknya terus berupaya agar tidak ada penimbunan atau tersen datnya distribusi. Be bera pa komoditas menjadi per hatiannya adalah beras, bawang merah, cabai, daging sapi, dan ayam. Untuk komiditas beras, Jabar sudah melewati masa paceklik. Saat ini suplai beras sudah meng alir kepada masyarakat sehingga menimbulkan deflasi untuk la por an inflasi April 2018.

“Kami khawatir suplai ayam, beras, cabai, dan bawang merah tidak lan car sehingga me naikkan inflasi. Tetapi un – tuk bawang merah, kami akan cari pasokan ke Tegal. Ka mi juga ke Sukabumi agar mereka bantu suplai bibit. Nanti kalau distribusi kurang lancar, kami laporan ke satgas pangan. Polisi sudah siap,” katanya.

arif budianto/ agus warsudi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com