SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Bisa Lihat Pemandangan Batam dari Masjid Agung

  • Reporter:
  • Senin, 7 Januari 2019 | 15:44
  • Dibaca : 160 kali
Bisa Lihat Pemandangan Batam dari Masjid Agung
Masjid Raya Batam. Foto Teguh Prihatna.

BATAM KOTA – Masjid Agung Batam Centre akan memiliki satu menara pandang setinggi 100 meter dan dilengkapi dengan lift. Menara pandang ini nantinya bisa dimanfaatkan masyarakat dan wisatawan untuk melihat pemandangan Kota Batam dari ketinggian.

Pembangunan menara baru ini menjadi bagian dalam rancangan revitalisasi masjid yang dulu dikenal dengan Masjid Raya Batam ini. “Tahun ini kami akan mulai revitalisasi Masjid Agung. Desain sudah final, sekarang masuk tahap persiapan lelang,” kata Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (CKTR), Suhar, Minggu (6/1).

Revitalisasi masjid dilaksanakan secara bertahap sampai 2021. Total anggaran yang dibutuhkan mencapai Rp172 miliar. Tahun ini anggaran yang disiapkan Rp17,2 miliar. Seperti diketahui, Masjid Agung Batam kini sudah beralih menjadi aset Pemko Batam.

“Kalau bisa, kami berusaha selesai pada 2020 mendatang, tergantung kesiapan anggaran juga,” ujarnya.

Suhar memaparkan, pada desain revitalisasi ini akan ada penambahan empat menara baru. Tiga di antaranya dibangun setinggi 65 meter, sama dengan menara yang sudah ada saat ini.

Tak hanya menara, perombakan juga akan menyentuh bagian depan masjid. Pada sisi timur masjid akan dibangun basement atau ruang bawah tanah yang dapat dimanfaatkan untuk tempat parkir.

Area parkir direncanakan dapat menampung lebih kurang 178 kendaraan roda empat dan 108 kendaraan roda dua. Pembuatan parkir basement diharapkan dapat mengurai jumlah kendaraan yang parkir di tepi jalan seputar masjid. Sarana wudhu juga akan terletak di bagian bawah masjid.

“Bekas tempat wudhu yang lama, di samping bangunan utama masjid akan dibangun bangunan tambahan. Kiri dan kanan akan ditambah bangunan, tanpa mengubah bangunan utama,” kata Suhar.

Pada bagian atas yang sekarang berundak, akan dibuat menjadi datar dikelilingi koridor serta berlantai marmer. Ruang terbuka ini bersifat multifungsi, bisa dipakai untuk salat maupun kegiatan lainnya.

Sebelumnya, Ketua Pengurus Masjid Agung Batam Firmansyah mengatakan, pembenahan Masjid Agung sudah dilakukan sejak 2018 lalu. Di antaranya penambahan pendingin ruangan atau AC, kemudian TV monitor yang menampilkan jadwal salat, karpet sajadah. “Pintu kami perbaiki dan menutup lubang angin dengan kaca,” ujarnya.

ahmad rohmadi/iwan sahputra

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com