SINDOBatam

Terbaru Metro+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

BKIPM Musnahkan 22 Ton Ikan Impor

  • Reporter:
  • Kamis, 21 Desember 2017 | 13:14
  • Dibaca : 134 kali
BKIPM Musnahkan 22 Ton Ikan Impor
Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) memusnahkan 22.198 kilogram ikan impor dan tak layak konsumsi di Jalan Trans Barelang, Jembatan II Barelang, Rabu (20/12/2017). /ARRAZY ADITYA

BATUAJI – Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) memusnahkan 22.198 kilogram ikan impor dan tak layak konsumsi di Jalan Trans Barelang, Jembatan II Barelang, Rabu (20/12/2017).

Barang makanan olahan tersebut merupakan barang ilegal yang diamankan BKIPM selama empat bulan terakhir, sejak Agustus lalu. Produk makanan olahan itu berasal dari Vietnam, China, Norwegia dan Amerika.

Kepala BKIPM, Rina mengatakan, ikan olahan yang dimusnahkan itu masuk ke Batam tidak dilengkapi dengan Izin Pemasukan Hasil Perikanan, Sertifikat Kesehatan Ikan dari negara asal dan tidak dilaporkan kepada petugas BKIPM serta Kantor Bea dan Cukai.

Adapun jenis ikan olahan yang dimusnahkan, antara lain 6,678 Kg Sutchi Fillet (Dory), 570 Kg Smoke Norwegian Salmon, 2.120 kg Silver Fish, 1.080 kg Frozen Una, 640 Kg Roasted seaweed dan masih banyak jenis lainnya.

Berdasarkan uji laboratorium yang dilakukan, diketahui ikan itu mengandung bahan pemutih yang biasa digunakan industri untuk detergen dengan kandungan tinggi. Ketentuan BPOM, kandungan layak konsumsi sebanyak 2.000 miligram. “Di dalam makan olah tersebut ditemukan kandungan sebanyak 6 hingga 7 ribu,” ujarnya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com