SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Blokir Aplikasi Taksi Online, Dishub Kirim Surat ke Kemenkominfo

Blokir Aplikasi Taksi Online, Dishub Kirim Surat ke Kemenkominfo
Demo taksi online di kantor Pemko Batam. / AGUNG DEDI LAZUARDI

PINANG – Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kepri Jamhur Ismail menegaskan pihaknya sudah mengirim surat ke Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) untuk meminta memblokir aplikasi taksi online yang beroperasi di Batam.

Langkah ini dilakukan untuk mengatasi permasalahan antara taksi online dan konvensional. Sebab ini merupakan jalan satu-satunya dalam mengatasi permasalahan selama ini, sebelum perizinan dikeluarkan pemerintah.

Menurut dia, pemblokiran aplikasi di Batam ini penting karena pihak aplikator melanggar Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 108 Tahun 2017, tentang penyelenggaran angkutan orang dengan kendaraam bermotor umum tidak dalam trayek terutama dalam pasal 65. “Saya yakin kalau diblokir aplikasinya, maka tidak ada taksi online yang beroperasi di jalan Kota Batam dan kondisinya akan aman,” kata Jamhur di Tanjungpinang, Minggu (21/1/2018).

Jamhur menambahkan, pihak aplikator seperti Grab dan Gocar (Gojek) melanggar aturan pasal 65 Permenhub 108 menyebutkan, perusahaan aplikasi di bidang transportasi darat sebagaimana dimaksud dalam Pasal 63 ayat (2), dilarang bertindak sebagai penyelenggara angkutan umum yang meliputi.

Pemberian layanan akses aplikasi kepada perusahaan angkutan umum yang belum memiliki izin penyelenggaraan angkutan orang dengan kendaraan bermotor umum tidak dalam trayek, pemberian layanan akses aplikasi kepada perorangan, perekrutan pengemudi, penetapan tarif dan pemberian promosi tarif di bawah tarif batas bawah yang telah ditetapkan.

“Inilah yang dilanggar oleh aplikator ini, seharusnya pengoperasian aplikator ini di Batam setelah dikeluarkannya perizinan dari Pemprov Kepri. Namun, saat ini perizinan ini belum dikelurkan,” ujarnya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com