SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

BMG TPQ Sekupang Wisuda 1.579 Santri

  • Reporter:
  • Senin, 17 April 2017 | 13:34
  • Dibaca : 327 kali
BMG TPQ Sekupang Wisuda 1.579 Santri
BMG TPQ Sekupang Wisuda 1.579 Santri. Foto Tengkubayu.

SEKUPANG – Badan Musyawarah Guru (BMG) Taman Pendidikan Quran (TPQ) Kecamatan Sekupang menggelar wisuda dan khataman Al-quran terhadap 1.579 santri di Masjid Baiturrahman Sekupang, Minggu (16/4). “Kami juga memberikan apresiasi berupa piagam penghargaan dan uang pembinaan kepada santri terbaik di setiap TPQ,” kata Ketua BMG TPQ Kecamatan Sekupang, Bojara Lubis.

Menurut dia, penyelengaraan wisuda dan khataman ini dilakukan setiap tahun. Anak-anak yang berhasil ataupun lulus ujian akan mendapatkan sertifikat yang akan digunakan sebagai syarat pendaftaran masuk ke sekolah tingkat pertama (SMP). “Ini program pemerintah. Jadi bagi anak didik beragama Islam wajib memiliki sertifikat TPQ untuk masuk SMP,” ujarnya.

Sebelumnya ada 1.600 santri yang mengikuti khataman Al-quran. Namun ada 21 orang yang tidak lulus, sehingga panitia akhirnya hanya mewisuda 1579 santri. “Bagi yang tidak lulus, kami memberikan surat keterangan bahwa mereka masih dalam pembinaan kami. Surat itu berlaku buat masuk ke SMP,” katanya.

Sedangkan bagi anak didik yang mengaji di rumah tetap wajib ikut ujian ini. Santri bisa mengikuti kegiatan wisuda dan khataman Al-quran di TPQ yang ada di kelurahan masing-masing. “Tak masalah anak ngaji di rumah, tapi untuk proses ujiannya harus gabung di TPQ,” kata Bojara.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com