SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

BMKG Imbau Waspadai Gelombang Tinggi

  • Reporter:
  • Sabtu, 21 Juli 2018 | 14:07
  • Dibaca : 535 kali
BMKG Imbau Waspadai Gelombang Tinggi
Kapal Feri Miko Natalia berlayar di Perairan Karimun, Jumat (20/7). BMKG Karimun mengimbau operator kapal mewaspadai gelombang tinggi selama dua hari ke depan. f ricky robiansyah

KARIMUN – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Karimun mengimbau kepada seluruh penyedia jasa angkutan laut untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap arus laut dan gelombang tingg di perairan Karimun.

Dalam dua hari belakangan kondisi perairan di Karimun sedikit mengkwatirkan. Perubahan cuaca secara tiba- tiba sering terjadi disertai dengan angin kencang. “Kami minta kepada armada transportasi laut untuk lebih waspada terhadap arus laut yang kuat dan gelombang tinggi. Kondisi ini diprediksi akan terjadi selama dua hari ke depan,” kata Kepala BMKG Karimun, Raden Eko, Jumat (20/7/2018).

Arus kuat di perairan Karimun berpotensi menimbulkan gelombang setinggi 0,2 hingga 1,2 meter dengan kecepatan angin 3-17 knot. Kondisi ini harus diperhatikan sebelum transportasi laut melakukan pelayaran di perairan sekitar Karimun. “Kondisi ini harus diwaspadai. Bukan hanya transportasi laut, tetapi juga para nelayan-nelayan di Karimun,” ujarnya.

Eko menambahkan, untuk kondisi cuaca di perairan Karimun dan sekitar, masih tergolong kondusif. Diprediksi selama dua hari ke depan cuaca berawan dan hujan ringan terjadi. “Hanya perlu diwaspadai kondisi arus laut yang kuat. Untuk daerah Kepri seperti Natuna itu gelombang tinggi berpotensi terjadi,” katanya.

Terkait informasi cuaca, BMKG Karimun selalu menyampaikan kepada penyedia transportasi laut melalui pusat informasi di Pelabuhan Domestik Karimun. Ia meminta kondisi perairan yang tidak baik untuk pelayaran, sebaiknya penyedia jasa angkutan laut menunda keberangkatan dan tidak mengambil risiko.

“Kita punya pusat layanan di pelabuhan Domestik. Untuk perkembangan cuaca bisa di-update di sana. Apabila cuaca tidak memungkinkan, sebaiknya jangan dipaksakan berlayar karena sangat berbahaya bagi keselamatan penumpang,” katanya. ricky robiansyah

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com