SINDOBatam

Terbaru Spirit+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

BNN Test Urine Anggota Satpol PP Kepri, 27 Mangkir, Satu Anggota Kabur

  • Reporter:
  • Rabu, 12 September 2018 | 11:09
  • Dibaca : 222 kali
BNN Test Urine Anggota Satpol PP Kepri, 27 Mangkir, Satu Anggota Kabur
Petugas BNN Kepri melakukan tes urine Anggota Satpol PP Kepri di Dompak, Senin (10/9)./ SUTANA

PINANG – Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Kepri secara mendadak melakukan tes urine di lingkungan Satuan Polisi Pamong Praja (Sarpol PP). Dari total 180 anggota Satpol PP, sebanyak 27 mangkir dan satu orang kabur.

“Jumlah seluruh anggota Satpol PP Kepri termasuk yang bertugas di Batam sebanyak 180 orang. Dan yang ada di Tanjungpinang 140 orang, namun yang mengikuti tes urine hanya sebanyak 113 orang,” kata Kepala Kantor Satpol PP Provinsi Kepri Subandi di Dompak, Senin (10/9/2018).

Ia menjelaskan, untuk anggota Satpol PP yang bertugas di Batam, sebanyak 40 orang akan tetap dilakukan tes urine oleh BNN ini. Nantinya, akan dijadwalkan namun kapan akan digelar itu merupakan hak BNN yang memiliki agendanya.

Sedangkan lanjutnya, bagi anggota Satpol PP yang belum melakukan tes urine karena pada saat bersamaan sedang bertugas akan dilakukan di tahap kedua. Begitu juga bagi anggota yang mangkir dan kabur akan dijadwal ulang untuk ditest urine.

“Anggota yang mangkir dan yang kabur itu akan tetap di test urine. Ini sudah menjadi komitmen bersama dalam menjaga agar aparat penegak Perda ini bebas dari penyalahgunaan narkoba,” tegasnya.

Pelaksanaan tes urine ini juga tambahnya melibatkan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Provinsi Kepri. Hal ini guna mendata seberapa banyak yang mengikuti dan juga yang absen.

“BKPSDM Kepri yang mendata dan juga akan melaporkan ke pimpinan, siapa yang mangkir dan bila ada yang terdeteksi menggunakan narkoba. Tentunya, bagi yang terindikasi menggunakan narkoba akan ada sanki sesuai aturan,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Pencegahan Pemberdayaan Masyarakat (Kabid P2M) BNN Provinsi Kepri, Nurlis menjelaskan, pihaknya mengagendakan tes urine ini dilakukan secara diam-diam kepada seluruh anggota Satpol PP Kepri.

Menurut dia, sengaja melakukan tes urine terhadap anggota penegak Perda ini, karena mereka lebih banyak berdinas di luar kantor dan bersinggungan langsung dengan masyarakat.

“Mereka ini berisiko tinggi akan penyalahgunaan narkona. Karena, Satpol PP banyak dinas luar,” katanya.

Dari test urine ini tambahnya, pihaknya akan memberitahukan kepada atasan dalam hal ini Kakan Satpol PP Kepri. Dan akan diketahui hasil tes urine ini beberapa hari ke depan.

“Untuk hasilnya tentunya ini rahasia, selain itu membutuhkan proses untuk bisa kita pastikan hasilnya. Bila ada oknum yang menyalahgunakan narkoba dari hasil tes urine ini akan diserahkan ke atasan untuk langkah selanjutnya,” ujarnya.

Menurutnya, tes urine ini merupakan progran BNN Provinsi Kepri yang tiap tahun memang dilakukan dan khususnya dilakukan di kalangam pemerintahan baik, provinsi, kabupaten dan kota.

Tujuan dari kegiatan ini bermaksud untuk melakukan pencegahan serta deteksi dini kepada anggota Satpol PP. Program pencegahan ini juga bukan hanya kepada Satpol PP, namun akan menyasar kepada semua Pegawai Negeri Sipil (PNS).

“Kita berharap program pencegahan ini dapat berjalan lancar, sehingga tidak ada lagi oknum PNS yang terlibat narkoba,” harapnya.

sutana

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com