SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Bolu Gulung Unik Motif Macan

  • Reporter:
  • Senin, 19 Februari 2018 | 15:48
  • Dibaca : 1065 kali
Bolu Gulung Unik Motif Macan

Bolu gulung punya banyak varian. Dari varian rasa, isian, toping, hingga motif. Yang unik dan sedang digemari saat ini bolu gulung motif macan alias tiger roll cake. Rina Yulaicha punya resep sederhananya.

Tiger roll cake termasuk dalam jenis sponge cake yang digulung dan dikenal dengan sebutan Swiss roll. Di Amerika Serikat disebut jam roll. Karena motifnya unik, mirip pola loreng pada kulit macan, bolu ini kemudian dinamakan tiger roll cake. Bahan yang digunakan pun tak berbeda dengan Swiss roll biasanya. Tepung terigu, telur, dan mentega. Di tengahnya diberi krim mentega atau whipped cream dan selai.

Tak perlu takaran bahan yang banyak untuk membuat bolu gulung ini. Sebab yang dibutuhkan adalah bolu yang tipis. Agar setelah matang mudah digulung. Loyang yang dipakai pun cukup yang dangkal. “Untuk membuat tiger roll, ada dua adonan. Adonan tiger (kulit) dan adonan roll cake. Yang kulit tipis saja,” kata Rina di rumahnya Perumahan Ricci, Marina, Batam.

Adonan pertama cukup banyak menggunakan kuning telur, lima butir. Bahan lainnya gula halus, tepung maizena, dan minyak goreng. Pada adonan ini, Rina tak memakai margarin atau mentega. Untuk menambah harum, ia membubuhkan bubuk vanili. Sama seperti membuat bolu, yang pertama dikocok adalah gula dan telur. Setelah mengembang, tepung maizena dimasukkan. Lalu diaduk manual menggunakan spatula. Minyak goreng dan vanili dimasukkan terakhir.

“Motif macan akan terbentuk ketika dipanggang dalam oven dengan api atas dan suhu tinggi, sekitar 200⁰C. Cukup lima menit waktunya,” kata ibu tiga anak ini.

Bolu pertama yang telah matang ini akan menjadi alas bagi roll cake saat proses finishing nanti, setelah kedua bolu matang dan dingin. Pada adonan kedua (roll cake), bahan yang dibutuhkan tiga butir telur utuh, gula halus, pengembang, tepung terigu protein rendah, tepung maizena, susu bubuk, mentega yang dilelehkan, dan vanili sebegai pengharum.

Cara pembuatannya hampir sama dengan adonan pertama. Hanya mentega leleh yang dicampurkan terakhir ke dalam adonan. Memanggangnya pun sedikit lebih lama dari adonan pertama, 15 menit. Rina menyetel oven dngan api atas dengan suhu lebih rendah dari cake sebelumnya yakni 190⁰C.

Namun roll cake yang dibuat Rina agak berbeda dari biasa. Saat menuang adonan ke dalam loyang, ia menyisihkan sedikit adonan untuk diberi warna merah. Adonan ini kemudian dituangkan ke salah satu sisi loyang bersisian dengan adonan utama. “Setelah digulung nanti, bagian yang merah akan berada di tengah-tengah,” katanya.

Setelah matang dan dingin, proses menggulung dilakukan. Namun sebelumnya, roll cake diberi krim mentega atau selai di atasnya. Baru kemudian digulung perlahan. “Roll cake diletakkan di tengah bolu tiger yang telah diolesi tipis-tipis krim mentega atau selai atau susu. Lalu digulung lagi sampai bentuknya bagus,” kata Rina. Agar tidak patah, menggulung harus ekstra hati-hati.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com