SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Bongkar Harta WNI di Singapura

  • Reporter:
  • Kamis, 13 Juli 2017 | 14:40
  • Dibaca : 530 kali
Bongkar Harta WNI di Singapura
Menteri Keuangan Sri Mulyani

JAKARTA – Warga Indonesia tak akan bisa lagi menyembunyikan hartanya di Singapura. Seiring dengan adanya kesepakatan Automatic Exchange of Information (AEoI) yang akan berlaku 2018, Indonesia dan Singapura sepakat bertukar informasi perpajakan.

Kemarin, Menteri Keuangan Sri Mulyani bertemu Minister of State for Law and Finance Singapore lndranee Rajah di Hotel Mulia, Jakarta. “Tadi dengan Singapura kita membahas beberapa hal, pertama tentu apresiasi dari Singapura dan dari kami sebagai host untuk hadir dalam conference internasional, yang kedua untuk men-clear kan posisi bilateral antara Singapura dan Indonesia terutama di bidang perpajakan,” kata Sri Mulyani.

Kerjasama dengan Singapura itu, menambah daftar kerjasama keterbukaan informasi perpajakan yang sebelumnya sudah dilakukan dengan Swiss dan Hong Kong.

“Artinya Indonesia secara otomatis akan memiliki efektif agreement seperti yang kita dapatkan dengan Hong Kong secara bilateral dan Switzerland secara bilateral. Tapi, dalam hal ini dilakukan Singapura simultan untuk semua negara termasuk Indonesia,” jelas Sri Mulyani.

Melalui kerjasama ini, tak lagi ada celah bagi wajib pajak di Indonesia untuk menyembunyikan hartanya di Singapura. Selama ini, Singapura menjadi tujuan favorit bagi warga Indonesia yang ingin menghindari pajak.

Peraturan Pemerintah Pengganti UU Nomor 1 Tahun 2017 tentang Akses Informasi Keuangan untuk Kepentingan Perpajakan pun telah disiapkan untuk mendukung kerjasama keterbukaan informasi perpajakan. Diharapkan, aturan ini nantinya dapat benar-benar diterapkan sehingga tak lagi ada potensi pajak yang ke luar negeri.

Selengkapnya baca KORAN SINDO BATAM

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com