SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

BP Batam Bubar, Instruksi Presiden Hilangkan Dualisme

  • Reporter:
  • Rabu, 12 Desember 2018 | 17:30
  • Dibaca : 1518 kali
BP Batam Bubar, Instruksi Presiden Hilangkan Dualisme
Presiden Jokowi bersama Wali Kota Batam Muhammad Rudi. Foto Agung Dedi Lazuardi.

SINDOBATAM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk membubarkan Badan Pengusahaan (BP) Batam. Langkah itu untuk menghilangkan dualisme yang ada di kota ini.

Keputusan itu diambil Jokowi dalam rapat kabinet terbatas di Istana Kepresidenan, Rabu (12/12/2018), bahwa satu-satunya jalan untuk menghilangkan dualisme antara Pemerintah Kota (Pemko) dan BP Batam yakni dengan memangkas salah satunya. Maka diputuskan, semua pembangunan kawasan dikembalikan ke daerah.

“Presiden dan Wapres memutuskan dualisme itu harus dihilangkan. Nanti semua kewenangan dirangkap oleh Wali Kota Batam. Dengan begitu jadi satu tangan, tidak dua lagi,” kata Menko Perekonomian Darmin Nasution usai rapat.

Ia mengatakan, dengan adanya dualisme, sejumlah program pembangunan di kawasan tersebut mandek. Pemerintah akan segera mengeluarkan pelaksanaannya, untuk pembubaran BP Batam tersebut. Namun belum dipastikan waktunya, hanya saja Darmin menjanjikan, memasuki 2019, BP Batam resmi bubar.

“Soal aset masih dibahas bagaimana menyelesaikannya. Itu harus disiapkan legalnya, data dan sebagainya. Segera, kita usahakan begitu masuk tahun baru sudah satu,” ujarnya.

Kendati demikian, ia menjamin perizinan investasi di Batam masih bisa dilakukan meski BP Batam sedang dalam tahap pembubaran. Badan usaha hanya tinggal mengurus perizinan ke Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang dikelola oleh Pemko Batam.

“Dulu kan PTSP ada dua lantai, sekarang hanya satu lantai saja. Kewenangan yang tadinya dipegang oleh BP Batam sebagai tangan pemerintah di daerah itu akan dirangkap oleh Wali Kota Batam,” jelas dia.

Ia sendiri berharap, pengambilalihan wewenang BP Batam sendiri bisa berlangsung sebelum akhir tahun. “Proses akan kami selesaikan dalam dua pekan,” jelasnya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com