SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

BP Batam Dapat Anggaran Rp2,23 Triliun

  • Reporter:
  • Rabu, 27 November 2019 | 11:44
  • Dibaca : 137 kali
BP Batam Dapat Anggaran Rp2,23 Triliun
Wali Kota Batam sekaligus Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi

BATAMKOTA – Badan Pengusahaan (BP) Batam mendapatkan anggaran tahun 2020 sebesar Rp2,23 triliun. Jumlah ini mengalami peningkatan dari tahun 2019 sebesar Rp1,8 triliun. BP Batam akan melakukan kajian ulang terkait program kerja yang menjadi prioritas utama.

“Anggaran BP Batam Rp2,232 triliun. DIPA (daftar isian pelaksanaan anggaran) sudah terima dari Jakarta. Besok (hari ini) mau kami bahas secara utuh,” kata Kepala BP Batam Muhammad Rudi di Kantor BP Batam, Selasa (26/11).

Ia mengatakan, akan merevisi rencana strategi (renstra) yang sudah disusun, karena dirinya belum dilibatkan saat penyusunan renstra tersebut. Ada beberapa rencana yang akan dievaluasi karena dinilai tidak tepat.

“Maka saya akan dudukkan di BP Batam. Tapi itu DIPA lama, yang bukan era saya. Maka saya akan lihat. Akan saya geser kalau menurut saya tidak tepat. Maka renstra menjadi perhatian utama,” katanya.

Rudi mengaku tidak mengetahui sama sekali apa-apa saja program yang masuk ke dalam renstra tersebut dan apa-apa saja yang akan dilakukan ke depannya.

“Itu sudah keluar DIPA. Tapi akan kami bahas, sekalian dengan SOTK baru. Kita akan bahas satu harian,” ujarnya.

Dalam melakukan evaluasi renstra, pihaknya fokus dalam pengembangan investasi dan kegiatan penunjang investasi seperti pembangunan jalan dan lainnya.

“Tugas BP, bagaimana investasi dikembangkan. Pengembangan investasi, mulai industri galangan, industri elektronik, industri pariwisata dan lain. Semua akan membutuhkan akses infrastruktur. Jadi BP juga akan membangun jalan,” jelasnya.

BP Batam mengusulkan tambahan rupiah murni untuk mendukung pembangunan pengembangan bandara dan pelabuhan. Usulan tambahan itu juga untuk mendukung industri. Pada tahun 2019, BP juga menyiapkan anggaran untuk mendukung pembangunan jalan industri dan bandara serta pelabuhan.

BP Batam menyiapkan langkah mengupayakan anggaran dari sumber seperti dari PNBP untuk pembangunan infrastruktur 2019. Untuk alokasi anggaran 2019 sebesar Rp1,8 triliun, dimaksudkan untuk program dukungan manajeman dan pelaksanaan tugas teknis sebesar Rp793,055 miliar.

Kemudian untuk program pengelolaan dan penyelenggaraan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam sebesar Rp1,027 triliun usulan tambahan anggaran BP Batam tahun 2019 yang bersumber dari rupiah murni sebesar Rp225 miliar, untuk pengembangan Bandara Hang Nadim sebesar Rp200 miliar dan pengembangan jalan kolektor kawasan strategis nasional sebesar Rp25 miliar. iwan sahputra

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com