SINDOBatam

Terbaru Metro+

Hattrick+

Jungkir Balik+

BP Batam Komitmen Wujudkan Birokrasi bersih

  • Reporter:
  • Jumat, 23 November 2018 | 15:08
  • Dibaca : 286 kali
BP Batam Komitmen Wujudkan Birokrasi bersih
Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo.

BATAM KOTA – Badan Pengusahaan (BP) Batam menyatakan komitmen untuk mewujudkan birokrasi yang bersih dan melayani. BP Batam juga telah mendeklarasikan untuk melaksanakan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas dan sosialisasi tentang Pembangunan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo mengatakan, pada akhir tahun 2015 seluruh pegawai dan pimpinan BP Batam telah menandatangani pakta integritas menuju zona integritas. Di samping pemenuhan syarat lainnya, antara lain opini wajar tanpa pengecualian, keterbukaan informasi publik, dan pelayanan terpadu satu pintu (PTSP).

“Ketiganya seperti yang kita ketahui mendapat beberapa penghargaan nasional, dan menjadikan Batam sebagai wilayah yang diperhitungkan di pemerintah pusat,” ujarnya di Balairung Sari BP Batam, Kamis (22/11)

Dijelaskannya, proses transformasi itu bukan hanya didasarkan pada perhitungan selama satu tahun terakhir. Tapi juga merupakan hasil dari kerja keras BP Batam dan seluruh pemangku kepentingan di Batam pada tahun-tahun sebelumnya. Zona integritas merupakan predikat yang diberikan kepada kementerian/lembaga yang berkomitmen untuk mewujudkan birokrasi yang bersih dan melayani.

Atas dasar tersebut, kata Lukita, pihaknya juga berkomitmen untuk mencanangkan zona integritas di lingkungan BP Batam. Hal ini dinilai selaras dengan harapan Presiden RI Joko Widodo agar integritas pegawai BP Batam menjadi best practice di semua lini pembangunan. Meski dalam perjalanannya tidak mudah, ia tetap berharap pelaksanaan zona integritas ini bisa berjalan dengan baik.

“Syaratnya adalah telah dibangunnya sistem pengendalian agar kekurangan yang pernah terjadi dan hal-hal yang menyebabkan celah-celah penyimpangan dapat teratasi,” jelasnya.

Inspektur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, Budi Prawira mengatakan, pihaknya terus mendorong semua lembaga untuk melaksanakaan zona integritas. Tentunya dengan memfokuskan diri meningkatkan good governance dan mewujudkan WBK dan WBBM

“Tujuannya bukan hanya sekadar seremoni saja, akan tetapi bagaimana upaya dan tindaklanjut dari pakta integritas yang telah disepakati bersama,” ujarnya.

Budi juga menekankan pentingnya komitmen pimpinan agar apa yang dicita-citakan oleh BP Batam dapat terwujud. Tentunya pengawasan yang dilakukan secara berkesinambungan perlu dilakukan melalui Satuan Pengawas Internal BP Batam. ahmad rohmadi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com